Home » Construction Materials » Tips Pengaturan Ruang Terhadap Sinar Matahari

Tips Pengaturan Ruang Terhadap Sinar Matahari

July 31st, 2012 Construction Materials

Berikut tips mengenai pengaturan ruang terhadap arah sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan.

  1. Ruang Tidur

Ruang tidur merupakan area untuk beristirahat sehingga perlu direncanakan secara maksimal sebagai ruangan yang nyaman. Anda dapat meletakan posisi ruang tidur di sebelah tenggara sampai arah timur laut supaya mendapatkan sinar matahari yang maksimal di pagi hari. Sedangkan pada sore hari sisi tersebut tidak menerima panas matahari  sehingga ruang tidur akan nyaman sebagai tempat untuk istirahat.

  1. Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Anda dapat meletakan ruang bersama  ini pada sisi barat laut atau barat daya sehingga ruangan terasa hangat dan memperoleh penerangan secara alami. Untuk mengurangi panas pada sisi barat, Anda dapat mendesain ruang tersebut dengan menggunakan material peredam panas atau kisi-kisi angin.

  1. Kamar Mandi

Letak kamar mandi sebaiknya pada sisi barat atau timur, hal ini karena kamar mandi mempunyai tingkat kelembaban yang cukup tinggi dibandingkan dengan ruangan lainnya. Posisi perletakan pada sisi barat atau timur dapat memberikan sinar matahari alami yang lebih maksimal pada kamar mandi anda.

  1. Dapur

Dapur pada rumah tinggal menjadi tempat untuk melakukan aktifitas memasak sehingga suhu yang ditimbulkan lebih tinggi dibandingkan dengan ruangan lainnya. Alangkah baiknya letak dapur pada sisi utara atau selatan. Perlu dipertimbangkan juga keberadaan ruangan di sekitar dapur supaya tidak mengganggu sirkulasi udara ruangan yang lain.

  1. Ruang Servis

Setelah menentukan posisi ruangan-ruangan utama  kemudian menentukan posisi ruang servis. Posisi barat yang dinilai kurang nyaman bagi aktifitas anda dan keluarga dapat dimanfaatkan sebagai ruang servis seperti ruang cuci dan jemuran. Karena area tersebut dapat berfungsi secara maksimal yaitu memperoleh sinar matahari langsung lebih banyak serta tidak lembab.

Penentuan posisi perletakan ruangan pada suatu rumah tinggal sangat mempengaruhi kenyamanan serta keindahan bangunan. Sehingga perlu diperhatikan sesuai dengan kebutuhan agar tercapai kenyamanan dalam huniannya. Juga dipertimbangkan pula  masalah sirkulasi udara dan pencahayaan dalam ruangan tersebut.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Tips Pengaturan Ruang Terhadap Sinar Matahari





Related Post to Tips Pengaturan Ruang Terhadap Sinar Matahari

Webcam software detects activity

October 27, 2010
I’m using webcamera software. I will broadcast on-line video to observe my apartment from anywhere. With my new internet camera software, I will run...

Peresapan Air untuk Perbaikan Kondisi Lingkungan

February 21, 2011
Perkembangan perumahan dan permukiman yang pesat sering kurang terkendali dan tidak sesuai dengan rencana tata ruang sehingga mengakibatkan banyak kawasan rendah yang semula berfungsi...

Biopori Lubang Resapan Air

May 5, 2015
  Kita sering mendengar istilah biopori atau lubang peresapan. Biopori atau lubang resapan digunakan untuk memperbaiki kondisi lingkungan, mengingat semakin sedikitnya lahan terbuka yang...

Konstruksi Jalan di Tanah Gambut

March 13, 2009
Indonesia memiliki lahan gambut seluas 27.000.000 Ha terpusat di Pulau-pulau Kalimantan, Sumatera dan Irian Jaya. Beberapa daerah Indonesia memiliki lapisan gambut yang sangat dalam....