Home » Construction Materials » Tips Memilihan Bahan Bangunan Murah

Tips Memilihan Bahan Bangunan Murah

January 31st, 2019 Construction Materials
bahan bangunan murah

Jika ingin memilih bahan bangunan yang berkualitas mewah, sesuaikan dengan gaya yang akan ditampilkan pada bangunan rumah. Jangan sampai terjadi ketimpangan atau ketidaksesuaian unsur bahan material pada bangunan rumah.  Tidak semua bahan bangunan cocok dengan kondisi dan situasi rumah yang akan dibangun. Seandainya kesulitan dalam mengenai pemilihan bahan bangunan, bisa konsultasikan dengan pihak yang lebih berkompeten hal tersebut atau bisa menggunakan jasa perencana bangunan.

Baca Juga : Berapa Harga Baja Ringan

Akan tetapi apabila mempunyai anggaran biaya yang relatif sedikit untuk menghemat biaya dapat melakukan dengan cara mix and match saat pemilihanan bahan bangunan. Penggunaan material bangunan disesuaikan gaya rumah yang akan dibangun.  Berikut tips memilih bahan bangunan untuk menghasilkan rumah dengan biaya murah adalah sebagai berikut:

  1. Memanfaatkan bahan bangunan yang tersedia di lingkungan setempat.
  2. Memanfaatkan bahan bangunan bekas.
  3. Menggunakan material bangunan tanpa perlakuan finishing yang khusus.
  4. Menggunakan material bangunan yang berkualitas KW3.

Menggunakan material bangunan yang terdapat disekitar tempat lokasi pekerjaan akan mampu menghemat biaya pengangkutan. Semakin jauh sumber bahan bangunan maka bahan bangunan tersebut berpotensi akan lebih mahal. Tak perlu menggunakan material dari luar daerah ataupun bahan impor, apabila masih banyak bahan material setempat memiliki kualitas yang tak beda jauh.

Baca Juga : Memilih Jenis Penutup Atap Rumah

Memanfaatkan bahan material bangunan bekas pun masih bisa digunakan dengan sedikit polesan, bahan bangunan trsebut dapat digunakan kembali seperti batu bata, keramik, genteng dan bahkan kayu. Jadi tidak perlu membeli bahan bangunan yang baru, pakai bahan bangunan bekas murah berkualitas.

Menggunakan bahan bangunan tanpa pekerjaan finishing secara khusus, ada sebagian bahan bangunan dapat nampak baik tampilannya walau tanpa difinishing khusus. Misalnya batako dan batu bata, tanpa diplester dan diaci bisa tampil menawan dibuat dinding ekspos. Keindahan nan sederhana adalah keindahan yang abadi untuk menggambarkan karakter batu bata.

Baca Juga : Tips Membeli Keramik

Menggunakan material bangunan yang berkualitas KW3 semisal keramik. Bahan bangunan KW3 sering dianggap sebagai bahan bangunan yang tak layak pakai. Bahan bangunan KW1 maupun KW3 sebenarnya diproduksi dalam waktu bersamaan. Hanya saja ketika proses seleksi atau grading ada beberapa yang tidak memenuhi syarat. Misalnya ada sedikit cacat, warna kurang presisi, terdapat sedikit bercak, dan lain-lain. Oleh karena itu material bangunan tersebut sebenarnya masih layak digunakan terutama untuk ruangan seperti ruang servis. Bahkan dengan sentuhan kreatifitas bahan bangunan KW3 akan tampil baik dan estetik.

Demikian beberapa tips memilih bahan bangunan murah berkualitas untuk membangun rumah yang murah.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Tips Memilihan Bahan Bangunan Murah





Related Post to Tips Memilihan Bahan Bangunan Murah

Analisis dan Rencana Harga Satuan

January 24, 2019
Baca Juga : Harga satuan dalam proyek Menghitung harga satuan untuk rencana biaya pembangunan gedung Perhitungan harga satuan pekerjaan pondasi Perhitungan harga satuan pekerjaan...

Aspal Sampah Plastik

July 30, 2017
Aspal Campur Sampah Plastik. Pemanfaatan limbah plastik sebagai campuran aspal merupakan salah satu solusi bagi permasalahan sampah plastik. Menggunakan plastik untuk membangun jalan adalah...

Konstruksi Jalan di Tanah Gambut (2)

March 24, 2009
Areal gambut yang luas untuk konstruksi jalan, biasanya dengan cara memperbaiki areal tersebut. Dengan cara dikupas atau digali, kemudian galian tersebut diisi dengan lapisan...

Desain Atap Rumah

November 22, 2011
Desain Atap Rumah. Atap rumah merupakan bagian penting pada konstruksi bangunan rumah karena berada diatas untuk menutupi seluruh bagian bangunan rumah itu sendiri. Atap...