Home » Manual Book » Perlukah Membuat Rencana Anggaran Biaya

Perlukah Membuat Rencana Anggaran Biaya

January 3rd, 2019 Manual Book

Apabila anda merencanakan suatu bangunan, rencana anggaran biaya merupakan salah satu proses utama dalam penaksiran atau estimasi biaya konstruksi. Rencana anggaran biaya merupakan pekerjaan perencanaan yang dapat mengkomunikasikan antara kebutuhan desain dan anggaran yang dimiliki.

Fungsi merencanakan anggaran biaya yaitu sebagai acuan dan media kontrol dalam pekerjaan pembangunan. Mengingat begitu banyak hal yang perlu diperhatikan mengenai seberapa besar dana yang harus disediakan untuk mewujudkan suatu bangunan.

Jika anda mempunyai budget yang terbatas, Anda dapat melihat dari rencana anggaran biaya yang telah anda buat, bagian-bagian mana dari pekerjaan tersebut yang dapat dikerjakan kemudian sehingga tidak mengganggu pekerjaan lainnya.

Untuk langkah-langkah dalam membuat rencana anggaran biaya dapat anda baca artikel sebelumnya Membuat Rencana Anggaran Biaya Pekerjaan.

Membuat rencana anggaran biaya setelah desain telah selesai. Jika menggunakan jasa perencana pada perhitungannya umumnya estimasi anggaran biaya sudah termasuk dalam perencanaan. Dalam anggaran biaya, anda dapat mengetahui kebutuhan bahan atau material maupun estimasi untuk pekerja yang akan digunakan.

Jadi pada dasarnya anggaran biaya digunakan untuk mengetahui gambaran awal biaya yang akan dikeluarkan. Dengan membuat anggaran biaya, diharapkan semua proses berjalan sesuai dengan rencana termasuk urusan biaya sehingga diharapkan biaya tidak akan membengkak. Dengan begitu Anda bisa tahu perkiraan total anggaran yang diperlukan untuk membangun. Anggaran biaya yang telah selesai dibuat membuat Anda memiliki patokan perhitungan yang jelas.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Comment for Perlukah Membuat Rencana Anggaran Biaya

Trackbacks

  1. Estimasi Biaya Konstruksi - Arya Persada





Related Post to Perlukah Membuat Rencana Anggaran Biaya

Harga Satuan Dalam Proyek

October 13, 2013
Apabila ingin membangun rumah, kita pasti ingin membuat RAB atau Rencana Anggaran Biaya. Dalam rencana anggaran biaya tersebut, dicantumkan berbagai estimasi biaya yang akan...

Plafon Rumah

February 21, 2012
Plafon secara definisi merupakan daerah pembatas antara atap dan ruangan di bawahnya ketinggiannya berkisar antara 2,80 – 3,80 m. Plafon rumah memiliki banyak fungsi....

Mengatasi Kerusakan Cat

November 24, 2015
Mengatasi Kerusakan Cat. Beberapa bentuk kerusakan cat yang sering dijumpai antara lain adalah lapisan cat yang mengelupas, permukaan cat menggelembung, berjamur dan belang-belang. Cat...

Panduan Geoteknik

January 13, 2010
Panduan Geoteknik yang dibuat pada proyek Indonesian Geotechnical Materials and Construction (IGMC) ini dirancang sebagai sebuah studi terhadap tanah lunak dan tanah lapukan tropis...