Home » Manual Book » Membuat Rencana Anggaran Biaya Pekerjaan

Membuat Rencana Anggaran Biaya Pekerjaan

January 21st, 2011 Manual Book

Rencana Anggaran BiayaRencana Anggaran Biaya atau RAB  merupakan pekerjaan perencanaan yang dapat menjembatani antara kebutuhan desain dan anggaran yang tersedia sehingga suatu pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan. RAB dapat digunakan sebagai acuan dan media kontrol dalam pekerjaan pembangunan karena setiap jenis pekerjaan berbeda satu dengan yang lain dan kebutuhan material serta kuantitas pekerjaannya pun berbeda pula.

Apabila dananya terbatas, dengan melihat Rencana Anggaran Biaya yang telah dibuat dapat menentukan bagian pekerjaan mana yang bisa didahulukan dan mana yang dapat dikerjakan belakangan supaya tidak mengganggu pekerjaan yang lain.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam membuat Rencana Anggara Biaya meliputi:

1. Hitung Volume Pekerjaan
Volume pekerjaan dapat dihitung dengan melihat gambar kerja yang sudah dibuat sebelumnya. Perhitungan volume dapat menggunakan rumus matematika sederhana sesuai dengan jenis pekerjaan yang ada dalam perencanaan.

2. Analisis Jenis Pekerjaan
Jenis-jenis pekerjaan dalam rencana pembangunan memerlukan material dan upah pekerjaan yang tidak sama satu dengan yang lain. Untuk itulah diperlukan analisis jenis pekerjaan sesuai dengan spesifikasi pekerjaan di dalamnya. Analisis pekerjaan dipakai untuk menentukan harga satuan pekerjaan yang digunakan dalam perhitungan RAB.

3. Estimasi Biaya Secara Keseluruhan
Menghitung esitmasi biaya secara keseluruhan setelah volume pekerjaan dihitung dan analisis jenis pekerjaan serta harga satuan upah dan material. Harga satuan upah dan material dapat diperoleh dengan survey lapangan di pasaran atau berkonsultasi pada konsultan atau kontraktor untuk mendapatkan harga yang tepat.

Untuk memudahkan dalam perhitungan RAB dapat menggunakan aplikasi excel.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Comment for Membuat Rencana Anggaran Biaya Pekerjaan

  1. Doretta Fassett // January 26th, 2011 at 5:58 am

    Pretty good publish. I just stumbled upon your blog site and wanted to say that I’ve really enjoyed reading your blog site posts. Any way I’ll be subscribing to your feed and I hope you publish again soon.





Related Post to Membuat Rencana Anggaran Biaya Pekerjaan

Gambut (extremely low bearing capacity)

March 9, 2009
Gambut (peat,moor,mire,fen) adalah tanah lunak organik yang mempunyai daya dukung yang sangat rendah. Gambut mengandung bahan organik lebih dari 30%.  Sebagai campuran dari fragmen...

Sistem Drainase Jalan

August 15, 2009
Sistem drainase merupakan serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan ke badan air (sungai dan danau)...

Jenis-Jenis Plafon Rumah Keunggulan dan Kelemahannya

February 22, 2012
Semua bahan untuk jenis plafon rumah merupakan bahan–bahan yang baik dan berkualitas. Tinggal anda saja yang menentukan bahan yang mana yang cocok sesuai dengan...

Mengapa Kondisi Jalan Kotaku Tidak Mulus Dan Berlubang

March 8, 2009
Banyak sekali keluhan warga kota tentang kondisi jalan yang rusak melalui media massa. Memang akibat kerusakan jalan sangat mengganggu kenyamanan penguna jalan serta berkaitan...