Home » Manual Book » Estimasi Biaya Konstruksi

Estimasi Biaya Konstruksi

January 6th, 2019 Manual Book

Estimasi biaya konstruksi adalah suatu proses menghitung biaya dari perhitungan volume pekerjaan, harga bahan dari berbagai macam material bangunan dan upah pekerja untuk pekerjaan yang akan terjadi pada suatu konstruksi.

Namanya juga estimasi jadi dibuat sebelum dimulai pembangunan konstruksi tersebut sehingga biaya yang didapat merupakan taksiran biaya bukan actual cost atau biaya yang sebenarnya. Hal ini tergantung dari estimator dalam menaksir harga yang didasarkan kepandaian dan pengalaman yang dimilikinya.

Dalam membuat estimasi biaya konstruksi biasanya dihitung berdasarkan gambar desain dan spesifikasi teknisnya konstruksi yang akan dibangun. Ada 2 (dua) cara dalam membuat estimasi biaya yaitu estimasi secara kasar dan estimasi secara terperinci.

Baca juga :  Seputar Anggaran Biaya

Estimasi secara kasar dalam menghitung umumnya berpatokan pada luasan bangunan konstruksi tersebut atau per meter persegi (m2). Misal estimasi harganya Rp. 1.000.000,00/m2 dan luas bangunan yang akan dikerjakan 225 m2, maka perkiraan biayanya 225 m2 x Rp. 1.000.000,00/m2 adalah Rp. 225.000.000,00.

Estimasi secara terperinci dengan cara menghitung volume dan harga-harga dari seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan supaya pekerjaan bisa diselesaikan sesuai dengan yang diharapkan dengan hasil memuaskan. Itulah perlunya estimasi anggaran biaya pekerjaan. Cara ini merupakan yang terbaik yaitu dengan menghitung seluruh komponen dalam pekerjaan dimana volume bahan-bahan yang dipakai dan upah pekerja dihitung  dengan mengalikan harga masing-masing dan kemudian dijumlahkan seluruhnya.

Estimasi biaya konstruksi memerlukan estimator yang memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai detail pelaksanaan pekerjaan dalam bidang konstruksi. Mampu menghitung secara teliti dan cermat dalam menaksir mendekati biaya sebenarnya. Mempunyai sumber informasi untuk mengetahui harga bahan dan tempat membelinya, upah kerja, biaya alat, overhead dan biaya tambahan lainnya.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Comment for Estimasi Biaya Konstruksi

Trackbacks

  1. Biaya Bangun Rumah Murah Dengan Desain Sendiri - Arya Persada





Related Post to Estimasi Biaya Konstruksi

Peluang Bisnis di Dunia Maya

March 2, 2009
Peluang Bisnis di Internet. Dunia internet berkembang sangat pesat dan menyentuh berbagai aspek kehidupan. Terutama yang berhubungan dengan dunia bisnis. Dalam dunia bisnis,  internet ...

Timbunan Jalan Pendekat Jembatan (Oprit)

April 12, 2009
Timbunan jalan pendekat jembatan yaitu segmen yang menghubungkan konstruksi perkerasan dengan kepala jembatan. Adalah merupakan segmen sepanjang jalan yang dibatasi oleh lebar, tinggi tertentu...

Perhitungan harga satuan pekerjaan plesteran

July 1, 2010
Standar Perhitungan harga satuan pekerjaan plesteran ini merupakan hasil revisi SNI 03-2837-2002, Analisis Biaya Konstruksi (ABK) Bangunan gedung dan Perumahan Pekerjaan Plesteran, dengan perubahan...

Pekerjaan Konstruksi

December 10, 2012
Pekerjaan Konstruksi adalah pekerjaan yang berhubungan dengan pelaksanaan konstruksi bangunan atau pembuatan wujud fisik lainnya. Yang dimaksud dengan pelaksanaan konstruksi bangunan, meliputi keseluruhan atau...