Home » Tata Cara » Yang Perlu Diperhatikan Pada Pengecoran

Yang Perlu Diperhatikan Pada Pengecoran

December 7th, 2014 Tata Cara

metode pengecoran betonHal yang perlu diperhatikan pemadatan pada pengecoran beton adalah sebagai berikut:

  1. Campuran beton harus segera diisikan ke tempat yang mau dicor. Beton harus sudah selesai diisi dan digetarkan sebelum lewat atau lebih dati 2 jam. Untuk pekerjaan transportasinya tidak bolrh lebih dari 1 – 1,5 jam. Lebih dari waktu tersebut beton harus ditambah bahan penghambat pengerasan (admixture).
  2. Adukan beton tidak boleh terlalu encer untuk mencegah supaya tidak terjadi bluding (terlalu banyak air dalam beton) dan supaya tidak terjadi segregasi (pemisahan butiran), hindari penuangan adukan yang terlalu tinggi dan pakailah alat pembantu untuk menuangkan adukan dengan menggunakan corong atau talang.
  3. Penumpukan adukan beton ditempat pekerjaan tidak boleh ditempatkan hanya pada satu tempat saja dan harus menyebar keseluruh permukaan, karena vibrator bukan alat untuk mendorong adukan tetapi vibrator adalah alat untuk memadatkan beton. Penggetaran yang baik dilakukan dengan jarak 50 cm dari tepi adukan beton tertular.
  4. Penggunaan vibrator tidak boleh terlalu lama dalam adukan beton karena akan mengakibatkan segregasi (pemisahan agregat). Jarum vibrator ditarik dari adukan beton apabila adukan mulai nampak mengkilap sekitar jarum karena udara didalam beton naik ke permukaan hingga tidak ada pori udara lagi dalam beton dan pada umumnya tercapai setelah 30 detik.
  5. Vibrator harus dijaga agar waktu penggetaran tidak mengenai cetakan atau bekisting untuk mencegah kerusakan bekisting atau cetakan tadi.
  6. Vibrator harus dijaga agar tidak mengenai tulangan agar tulangan tidak terlepas dari betonnya dan getaran-getarannya tidak merambat ke bagian lain dimana betonnya sudah mulai pengikatan awal.
  7. Jarum vibrator harus terbenam dalam beton selama pemadatan.

Demikian yang perlu diperhatikan pemadatan beton pada saat pengecoran.  Pemadatan beton bertujuan untuk memperkecil rongga-rongga di dalam beton. Dengan cara ini masing-masing bahan akan saling mengisi celah-celah yang ada. Keuntungan dari pemadatan beton untuk meningkatkan sifat dari beton antara lain:

  • meningkatnya kekuatan tekan dimana 1% udara dalam beton mengurangi 5% kekuatan.
  • meningkatkan permeability sehingga menambah keawetan beton
  • meningkatkan ikatan antar beton dan baja tulangan

 

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Yang Perlu Diperhatikan Pada Pengecoran





Related Post to Yang Perlu Diperhatikan Pada Pengecoran

Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen

April 2, 2009
Dalam penerapan jalan beton semen, pengambil kebijakan harus mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan disekitar lokasi proyek, sehingga tidak terjadi kesulitan ataupun permasalahan dikemudian hari setelah perkerasan...

Pedoman Studi Kelayakan Proyek Jalan dan Jembatan

March 30, 2009
Maksud dan tujuan pedoman studi kelayakan proyek jalan dan jembatan ini adalah untuk mengatur tindak lanjut dan menganalisis secara lebih rinci alinyemen pada koridor...

Plesteran dan Acian

October 22, 2012
Plesteran merupakan penutup dinding yang terdiri dari bahan semen (semen Portland/PC) dan pasir pasangan. Sedangkan acian adalah campuran antara semen PC dengan air saja....

Perhitungan harga satuan pekerjaan plesteran

July 1, 2010
Standar Perhitungan harga satuan pekerjaan plesteran ini merupakan hasil revisi SNI 03-2837-2002, Analisis Biaya Konstruksi (ABK) Bangunan gedung dan Perumahan Pekerjaan Plesteran, dengan perubahan...