Home » Tata Cara » Tips Mengecat Dinding Sendiri

Tips Mengecat Dinding Sendiri

February 27th, 2016 Tata Cara

pengecatan

Mengecat rumah sendiri akan lebih jauh memuaskan apabila kita mau meluangkan waktu dan ketelatenan untuk mengerjakannya. Ketika ingin mengecat rumah sendiri pertimbangkan dengan baik tentang permilihan warnanya.

Gunakan warna yang sesuai dengan fungsi dinding yang akan dicat, jangan asal sesuai dengan selera saja. Begitu pula dalam memilih merk car, jangan pula hanya terpaku dari merk dan harganya saja. Sebaiknya perhatikan pula kualitas dari cat tersebut. Cat yang berkualitas baik, biasanya memliki daya sebar dan daya tutup yang baik. Mudah dalam pengaplikasiannya dan aman bagi kesehatan lingkungan.

Saat akan mulai mengecat yang perlu diperhatikan adalah hindari pengecatan pada dinding pada area yang terkena matahari langsung dan temperatur permukaan dinding sebaiknya kurang dari 50 derajat  celcius.

Berikut beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum mengecat :

  1. Bersihkan seluruh permukaan dinding dari kotoran dan pastikan kondisinya tidak lembab.
    Kupas seluruh bekas cat lama hingga rata, bila perlu bersihkan dengan ampelas.
  2. Masukkan sisa paku uang ada hingga tak nampak dipermukaan dinding keumdian tutuplah dengan dempulhingga rata dan kering.
  3. Kebutuhan cat sudah tersedia cukup sesuai warna yang sama, sehingga tidak akan kekuarangan cat dan terpaksa menggunakan cat dengan warna yang berbeda.
  4. Pastikan lokasi pengecatan aman dari jangkau anak-anak dan hewan peliharaan.
  5. Tutup dengan plastik atau pindahkan barang-barang dari tempat yang akan dicat.
  6. Sebaiknya tempat yang akan dicat memiliki ventilasi udara yang baik, atau gunakan masker untuk menutup hidung dan  mulut agar tidak menghirup zat kimia dari cat yang menguap.
  7. Gunakan dempul tembok atau plamir untuk menutup celah dan retakan di dinding, ratakan sampai halus dengan amplas.
  8. Tutup lantai dengan plastik atau kertas koran supaya lantai tidak kotor terkena percikan cat saat mengecat.

Setelah pekerjaan persiapan diatas dikerjakan, kemudian barulah mulai pengecatan. Cat lebih dulu bagian plafon atau langit-langit, sehingga bila ada percikan di dinding tadak akan menimbulkan masalah.

Gunakan roller untuk mengecat area yang luas dengan cepat kemudian gunakan kuas untuk mengecat sudut-sudut pertemuan dinding. Bila hasil pengecatan masih belang-belang ulangi pengecatan sekali lagi. Bila ada percikan cat yang jatuh ke lantai, segera bersihkan dengan lap basah. Tutuplah kaleng cat rapat-rapat setalah selesai pengecatan agar sisa cat tidak mengering.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Tips Mengecat Dinding Sendiri





Related Post to Tips Mengecat Dinding Sendiri

TATA CARA PEMELIHARAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT)

April 3, 2009
Tanpa pemeliharaan dan perbaikan jalan secara memadai, baik rutin maupun berkala, akan dapat mengakibatkan kerusakan yang besar pada jalan, sehingga jalan akan lebih cepat...

Apa Itu Baja Ringan?

June 17, 2011
Baja ringan adalah baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional.  Ada bebarapa macam baja ringan...

Membuat Denah Rumah Sendiri

April 16, 2013
Membuat denah rumah anda sendiri perlu disesuaikan dengan kebutuhan penghuni rumah yang akan menempatinya. Oleh karena itu supaya lebih mengakomodir kebutuhan pada awal perencanaan,...

Gambut (extremely low bearing capacity)

March 9, 2009
Gambut (peat,moor,mire,fen) adalah tanah lunak organik yang mempunyai daya dukung yang sangat rendah. Gambut mengandung bahan organik lebih dari 30%.  Sebagai campuran dari fragmen...