Home » Construction Materials » Tips Membeli Keramik

Tips Membeli Keramik

July 15th, 2013 Construction Materials

tips membeli keramik

Jika akan membeli keramik dipasaran akan menjumpai harga yang sangat bervariasi mulai dari puluhan ribu per m2 hingga ratusan ribu per m2. Hal ini disebabkan karena perbedaan kualitas kelas keramik tersebut. Berikut beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan pada saat akan membeli keramik :

Anda harus menghitung kebutuhan keramik secara tepat agar keramik tidak tersisa banyak, gambar perencanaan yang ada dapat dijadikan dasar untuk menghitung secara detail.

Dalam membeli keramik untuk rumah anda tidak perlu terburu-buru, lebih banyak referensi yang anda kumpulkan akan lebih menambah pandangan dalam memilih motif serta jenisnya.

Ada beberapa keramik yang jenis maupun motifnya mempunyai stok terbatas di pasaran. Sehingga ketika anda membeli keramik usahakan untuk melebihkan jumlah yang dibeli antara 4 – 6 % dari total kebutuhan. Hal ini dengan maksud untuk cadangan apabila terdapat kerusakan pada saat pemasangan keramik atau sesudahnya.

Pilih keramik dengan ukuran dan nuansa yang sama untuk satu ruangan, karena semua bahan yang mengalami proses pembakaran akan menyusut sehingga menghasilkan ukuran yang bervariasi. Oleh karena itu, pastikan keramik yang anda beli untuk kebutuhan satu ruangan memiliki ukuran dan kode warna yang sama. Biasanya kode warna dan kode ukuran tercetak di dalam dus keramik.

Sebelum anda membeli keramik perhatikan letak serta karakteristik tempat yang akan anda pasang keramik, sehingga jenis keramik sesuai dengan desain yang anda inginkan. Berikut jenis-jenis permukaan lantai keramik:

  • Bertekstur, Jenis ini cocok untuk kamar mandi, carport atau ruangan terbuka yang sering terkena panas dan hujan karena jenis keramik ini tidak licin meskipun terkena air.
  • Doff atau matte, Jenis ini cocok diaplikasikan pada berbagai macam ruangan, tidak licin dan mengkilat serta tahan terhdap goresan. Biasanya dipakai di rumah dengan desain menimalis.
  • Mengkilap dan licin, Bisa dipakai untuk keramik dinding atau keramik lantai dan tidak cocok untuk lantai yang sering kena air. Keramik jenis ini tidak tahan goresan sehingga tidak cocok untuk area servis.
  • Cutting edge, Jenis keramik yang permukaan keramiknya sangat siku pada keempat sisinya karena pemotongan keramik setelah proses pembakaran. Hampir semua homogenius tile memakai sistem ini sehingga nat yang dipakai bisa sangant tipis. Keramak berglazir juga mengembangkan keramik jenis ini tapi harganya relatif mahal.

Sangat penting bagi satu produk untuk memiliki layanan purna jual. Tanyakan apakah keramik yang dibeli memiliki layanan purna jual dan tanyakan apakah bisa dilakukan komplain apabila produk yang dibeli tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Comment for Tips Membeli Keramik

  1. Samsuddin // November 9th, 2013 at 8:47 pm

    Berbagai desain , jenis, warna dan tekstur keramik yang ada kini dijual dipasaran. Investasi pada keramik apakah digunakan untuk lantai atau dinding untuk jangka panjang, tentu tidak memilih dengan kualitas yang rendah





Related Post to Tips Membeli Keramik

Tips Mengecat Dinding Sendiri

February 27, 2016
Mengecat rumah sendiri akan lebih jauh memuaskan apabila kita mau meluangkan waktu dan ketelatenan untuk mengerjakannya. Ketika ingin mengecat rumah sendiri pertimbangkan dengan baik...

Perhitungan harga satuan pekerjaan kayu

July 2, 2010
Standar ini merupakan hasil revisi SNI 03-3434-2002, Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan kayu untuk bangunan gedung, yang disesuaikan dengan keadaan di Indonesia dengan...

Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen

April 2, 2009
Dalam penerapan jalan beton semen, pengambil kebijakan harus mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan disekitar lokasi proyek, sehingga tidak terjadi kesulitan ataupun permasalahan dikemudian hari setelah perkerasan...

Plafon Rumah

February 21, 2012
Plafon secara definisi merupakan daerah pembatas antara atap dan ruangan di bawahnya ketinggiannya berkisar antara 2,80 – 3,80 m. Plafon rumah memiliki banyak fungsi....