Home » Construction Materials » Tips Cara Memasang Keramik

Tips Cara Memasang Keramik

June 10th, 2013 Construction Materials

pasang keramik lantai

Apabila ingin memasang keramik rumah anda sendiri ada baiknya mempelajari langkah-langkah dasarnya cara memasang keramik terlebih dahulu. Dengan demikian anda nantinya akan dapat mewujudkan desain pemasangan keramik sesuai dengan yang diinginkan.

Setelah menghitung kebutuhan keramik yang diperlukan, maka untuk memulai pekerjaan pemasangan keramik ini selanjutnya mempersiapkan peralatan dan material pendukungnya.

Peralatan yang dipakai antara lain cetok, palu, pemotong keramik, benang, meteran dan pengukur siku. Jika ada pembongkaran keramik lama sebaiknya gunakan kaca mata pengaman dan sarung tangan, karena  pecahan keramik dan serpihan lain dapat menyebabkan luka bila tidak berhati-hati.

Sedang material pendukungnya yang umum untuk adukan adalah campuran semen, pasir dan air serta tiling grout semen pengisi nat. Komposisi campuran adukan yang digunakan untuk pemasangan keramik lantai, semen dan pasir adalah 1 : 6 dengan ketebalan rata-rata 2- 4 cm.

Bagaimana cara memasang  keramik dengan benar?  Berikut langkah-langkahnya:

  1. Sebelum memasang keramik, rendam keramik dalam air supaya keramik lebih elastis sehingga pada saat digunakan dapat menempel dengan mudah.
  2. Untuk lebih merekatkan keramik pada adukan semen yang sudah dibuat, bilas semen yang sudah dicampur air secara merata di bawah keramik tersebut.
  3. Dasar lantai yang akan dipasang keramik harus bersih dari kerikil maupun batu yang mengganjal, dengan maksud agar tidak menimbulkan rongga di bawah keramik nantinya.
  4. Setelah lantai dasar siap, anda dapat langsung memadatkan keramik secara merata pada lapisan adukan yang telah siap. Untuk memasang keramik yang baru akan dipasang, ketuk-ketuk secara perlahan di atasnya.
  5. Pastikan tidak ada rongga dibawah keramik karena akan membuat keramik lepas di kemudian hari. Jangan lupa periksa ketinggiannya apa sudah rata dengan benang yang ditarik untuk menentukan ketinggian lantai.
  6. Setelah keramik terpasang semua, biarkan kering selama 2 atau 3 hari. Hal ini akan membuat sisa udara yang mengendap akan keluar melalui bagian nat yang belum tertutup. Setelah itu baru diberi semen pengisi nat tapi jangan lupa bersihkan nat yang masih kosong dari kotoran yang mengendap.
  7. Amankan area pemasangan keramik kurang lebih 2 – 3 hari agar keramik dapat terpasang sempurna. Jangan melakukan aktivitas di atasnya terlebih dahulu karena adukan di bawahnya belum cukup kuat untuk menerima beban.
  8. Setelah semua selesai periksa kembali jika ada beberapa keramik yang rongga dibawahnya dan segera lakukan pembongkaran kemudian ulangi pemasangannya dengan benar.

Dan selesai! Mempelajari cara pemasangan lantai keramik dengan benar akan memberikan kepuasan tersendiri terhadap pekerjaan yang berhasil dilakukan dengan baik yang menghasilkan lantai keramik yang indah.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Tips Cara Memasang Keramik





Related Post to Tips Cara Memasang Keramik

Drainase Pada Perumahan

February 3, 2011
Sistem drainase pada perumahan berfungsi untuk mengorganisasi sistem instalasi air dan sebagai pengendali keperluan air serta untuk mengontrol kualitas air tanah. Drainase perumahan direncanakan...

Tanah Dasar Jalan

March 5, 2010
Tanah dasar jalan merupakan pondasi bagi perkerasan baik perkerasan yang terdapat pada alur lalu-lintas maupun bahu. Dengan demikian tanah dasar merupakan konstruksi terakhir yang...

Stabilisasi Dangkal Tanah Lunak Untuk Konstruksi Timbunan Jalan (Dengan Semen dan Cerucuk)

May 17, 2009
Stabilisasi tanah dengan menggunakan semen pertama kali dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 1935 dan sejak itu penggunaannya berkembang cukup pesat. Pondasi bangunan untuk...

Perhitungan harga satuan pekerjaan kayu

July 2, 2010
Standar ini merupakan hasil revisi SNI 03-3434-2002, Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan kayu untuk bangunan gedung, yang disesuaikan dengan keadaan di Indonesia dengan...