Home » Construction Materials » Solusi Kondisi Lingkungan Yang Makin Kritis

Solusi Kondisi Lingkungan Yang Makin Kritis

June 15th, 2011 Construction Materials

hutan imageSolusi Kondisi Lingkungan Yang Makin Kritis untuk bidang konstruksi. Mungkin Anda telah mengetahui dan menyadari bagaimana kritisnya kondisi lingkungan sekitar kita sekarang. Hutan-hutan di negeri tercinta ini semakin terancam keberadaanya. Fenomena ini dapat dilihat dari semakin menyusutnya luas hutan yang kita miliki.

Lalu dampak apa yang kita rasakan dari kerusakan lingkungan ini?. Bayangkan apabila kondisi ini berlangsung terus-menerus sementara populasi penduduk terus betambah pula, bukan tidak mungkin kelangsungan hidup manusia ikut terancam.

Hutan yang berfungsi mengikat air hujan dan menyimpannya dalam bentuk air tanah mempunyai peran penting dalam mencegah bencana seperti banjir dan tanah longsor. Hutan juga merupakan sumber penyedia makanan dan obata-obatan. Jika hutan habis tentu kita juga kehilangan sumber makanan dan obat-obatan. Selain itu hutan berfungsi sebagai paru-paru dunia, sumber oksigen dan penyerap karbon dioksida. Jadi sudah selayaknya Hutan perlu kita jaga dan lestarikan.

Disisi lain, hutan juga merupakan sumber penghasil kayu yang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia yaitu papan atau tempat tinggal. Eksploitasi kayu sebagai bahan bangunan juga mempunyai andil dalam merusak lingkungan. Dan salah satu solusi yang dapat kita ambil adalah mencari bahan lain sebagai pengganti kayu. Salah satu contoh Baja atau baja daur luang.

Dibandingkan dengan kayu, baja mempunyai keunggulan diantaranya tingkat keawatan, durabilitas yang tinggi, tahan api, stabil tdak mudah berubah dan mudah perawatan. Sifat-sifat tersebut tidak dimiliki pada kayu. Ditinjau dari segi harga, baja tergolong lebih murah dan proses pemasangannya pun lebih cepat dan praktis.

Selain itu baja memiliki keistimewaan  lain dibandingkan kayu yaitu dapat di daur luang. Baja bekas dapat diolah dan dipergunakan kembali. Pemakaian baja daur ulang merupakan salah satu langkah untuk mengurangi kerusakan lingkungan yang disebabkan dari pembukaan penambangan baru.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Solusi Kondisi Lingkungan Yang Makin Kritis





Related Post to Solusi Kondisi Lingkungan Yang Makin Kritis

Perhitungan harga satuan pekerjaan plesteran

July 1, 2010
Standar Perhitungan harga satuan pekerjaan plesteran ini merupakan hasil revisi SNI 03-2837-2002, Analisis Biaya Konstruksi (ABK) Bangunan gedung dan Perumahan Pekerjaan Plesteran, dengan perubahan...

Kekurangan dan Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan

May 25, 2012
Setiap bahan konstruksi yang digunakan dalam membangun rumah anda pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya baik dari kekuatan, keindahan bentuk atau yang lainnya. Begitu juga...

Perhitungan harga satuan pekerjaan dinding

July 1, 2010
Standar Perhitungan harga satuan pekerjaan dinding ini merupakan hasil revisi SNI 03-6897-2002, Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan dinding  yang disesuaikan dengan keadaan di...

Perhitungan harga satuan pekerjaan besi dan aluminium

July 3, 2010
Standar ini merupakan hasil revisi dari RSNI T-16-2002 Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan besi dan aluminium. Standar ini menetapkan indeks bahan bangunan dan...