Home » Marketing » Tata Cara » Seputar Anggaran Biaya Pekerjaan

Seputar Anggaran Biaya Pekerjaan

April 19th, 2018 Marketing, Tata Cara

anggaran biayaIlmu dasar menghitung anggaran biaya adalah ilmu matematika dengan menggunakan rumus-rumus dasar luas dan atau volume serta kecermatan menggunakan gambar, kemampuan menganalisis konsep apabila tidak ada gambarnya.

Untuk menghitung anggaran biaya pekerjaan pada intinya yaitu menghitung luas bangunan dikalikan dengan harga satuan dan menghitung volume dikalikan dengan harga satuan pekerjaan. Harga satuan pekerjaan diperoleh dari analisis pekerjaan.

Sketsa gambar yang ada ukurannya akan memudahkan dalam menganalisis. Karena bidang-bidang rencana bangunan yang ada ukurannya akan memudahkan perhitungan luas penampang atau volume pekerjaan.

Hal pokok yang perlu diperhatikan dalam menghitung biaya pekerjaan antara lain sebagai berikut :

  1. Material atau bahan yaitu berkaitan dengan penghitungan banyaknya material yang dipakai termasuk harganya.
  2. Biaya pekerja yaitu berkaitan dengan lamanya bekerja dalam menyelesaikan suatu jenis pekerjaan dalam satuan waktu dan biaya yang digunakan.
  3. Peralatan yaitu menghitung jenis, jumlahnya, lamanya waktu pemakaian peralatan dan biayanya.
  4. Overhead yaitu menhitung biaya-biaya tidak terduga yang perlu diantisipasi, baik berkaitan dengan cuaca atau masalah moneter.
  5. Pajak yaitu besarnya pajak walaupun telah ditentukan dengan peraturan, dapat dijadikan pertimbangan dalam menyusun harga penawaran apabila digunakan untuk penawaran tender atau pelelangan.
  6. Biaya Perizinan yaitu biaya perizinan yang perlu diperhatikan dalam menghitung anggaran biaya. Komponen perizinan bisa berbeda disetiap daerah demikian juga nilai restribusi seperti IMB, advis planning, izin prinsip, izin lokasi dan lain-lain.

Jika dalam perhitungan anggaran biaya yang menggunakan jasa estimator seperti jasa dari estimator jasa kontraktor atau konsultan menghitungnya ditambah satu faktor yaitu faktor keuntungan atau faktor profit.

Sebagai tambahan bahan pertimbangan dalam perhitungan biaya tak terduga besarannya biaya tidak bisa diseragamkan. Karena biaya ini sangat tergantung pada kondisi daerah yang berbeda-beda. Seperti seberapa besar biaya koordinasi keamanan tentunya tidak akan bisa dihitung secara pasti.

Demikian seputar anggaran biaya pekerjaan dan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghitung anggaran biaya.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Seputar Anggaran Biaya Pekerjaan





Related Post to Seputar Anggaran Biaya Pekerjaan

Perhitungan harga satuan pekerjaan besi dan aluminium

July 3, 2010
Standar ini merupakan hasil revisi dari RSNI T-16-2002 Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan besi dan aluminium. Standar ini menetapkan indeks bahan bangunan dan...

Pelaksanaan Pekerjaan Beton untuk Jalan dan Jembatan

January 28, 2010
Penggunaan beton untuk pekerjaan jalan dan jembatan sudah lama digunakan di negara Indonsia. Hal ini karena beton memiliki kelebihan dibandingkan dengan bahan lainnya. Mutu...

Plesteran dan Acian

October 22, 2012
Plesteran merupakan penutup dinding yang terdiri dari bahan semen (semen Portland/PC) dan pasir pasangan. Sedangkan acian adalah campuran antara semen PC dengan air saja....

5 Faktor Memilih Lokasi Usaha

November 30, 2012
Lokasi usaha yang tepat dan strategis memang menentukan kelangsungan usaha. Oleh sebab itu pemilihan lokasi usaha masuk dalam daftar perencanaan yang sangat penting. Berikut...