Aplikasi RAB Bangunan dengan Macro ExcelMembuat Aplikasi RAB Bangunan dengan Macro Excel. RAB (Rencana Anggaran Biaya) bangunan atau konstruksi merupakan perkiraan biaya yang dihitung berdasarkan gambar rencana bangunan. Penyusunan RAB sangat diperlukan sebagai pedoman agar biaya riil tidak terlalu jauh dari biaya perkiraan. Estimator (orang yang menghitung RAB) pada umumnya membuat RAB menggunakan Excel secara manual, yaitu dengan mengelompokan data, membuat formula-formula, menghubungkan masing-masing data dalam link dan masih banyak lagi yang harus dikerjakan secara manual. Padahal, ketepatan, kecepatan dan keakuratan hasil perhitungan RAB secara manual akan sangat tergantung pada kecakapan atau kemahiran estimator dalam menggunakan Excel.

Buku Membuat Aplikasi RAB Bangunan dengan Macro Excel berisi panduan langkah demi langkah pembuatan aplikasi RAB bangunan siap pakai menggunakan Macro Excel. Aplikasi RAB yang dibuat memiliki fitur:

  • Aplikasi menarik dan mudah digunakan (user friendly).
  • Database sumber daya proyek (bahan, upah dan alat bantu) dapat diinput, diedit dan dicari dengan mudah dan cepat.
  • Analisa harga satuan (AHS) pekerjaan dapat dihitung dengan mudah dan cepat. Hasil perhitungan AHS secara otomatis akan disimpan dalam database.
  • Apabila ada perubahan harga sumber daya proyek, perhitungan AHS secara otomatis akan ter-update.
  • Perhitungan RAB lebih mudah dan cepat karena diambil langsung dari database sumber daya proyek atau dari database AHS yang sudah ada.
  • Omzet RAB yang bisa ditangani tidak terbatas.

Meskipun disusun menggunakan Excel 2010, buku ini juga dapat dimanfaatkan oleh pengguna Excel 2007. Bonus CD berisi file latihan dan hasil latihan beserta kode Macro, aplikasi RAB siap pakai untuk menghitung RAB bangunan secara otomatis, ikon yang digunakan untuk membuat aplikasi RAB, e-book bab pilihan 16 buku Macro Excel dalam format PDF karya penulis.

Untuk mendapatkan Membuat Aplikasi RAB Bangunan dengan Macro Excel (Edisi Revisi) klik disini.

Leave comment for Membuat Aplikasi RAB Bangunan dengan Macro Excel