Home » Construction Materials » Plesteran dan Acian

Plesteran dan Acian

October 22nd, 2012 Construction Materials

plesteran dan acian imagePlesteran merupakan penutup dinding yang terdiri dari bahan semen (semen Portland/PC) dan pasir pasangan. Sedangkan acian adalah campuran antara semen PC dengan air saja.

Permukaan dinding baik berupa dinding batu bataDinding Batu Bata, batako dan dinding bataDinding Batu Bata ringan dapat ditutup  dengan plesteran di bagian luarnya. Untuk menampilkan tekstur yang rapih dan rata setelah diplester dilanjutkan dengan proses acian.

Pekerjaan plesteran dinding sebaiknya dikerjakan setelah selesai pemasangan instalasi  listrik, pipa dan plumbing seluruh bangunan.

Jika ingin mendapatkan mutu atau kualitas plesteran dan acian yang bagus, sebaiknya lakukan pekerjaan acian setelah umur plesteran dinding mencapai umur 2 – 3 hari. Hal ini dimaksudkan supaya plesteran sudah cukup kering untuk dilakukan pekerjaan acian.

Beberapa kasus sering terlihat retak-retak pada dinding, hal ini dikarenakan plesteran pada dinding tersebut langsung diaci ketika kadar airnya masih jenuh. Supaya tidak terjadi kondisi yang demikian maka diberi waktu yang cukup agar plesteran mengering dengan maksimal  kemudian baru dapat ditutup dengan acian.

Untuk plesteran dinding yang perlu kedap air atau pasangan bata dibawah permukaan tanah sampai ketinggian 40 cm dari permukaan lantai dipakai perbandingan campuran PC dan pasir pasang adalah 1pc : 2psr. Demikian juga untuk plesteran pada beton dan daerah basah seperti dinding kamar mandi, wc atau toilet menggunakan jenis campuran tersebut. Sedangkan untuk bidang lainnya menggunakan plesteran campuran 1pc:4psr.

Diusahakan supaya jarak waktu pencampuran adukan tadi dengan pemasangan tidak lebih dari 30 menit terutama untuk adukan kedap air, untuk itu harus disiapkan sedemikan rupa sehingga selalu dalam keadaan baik dan belum mengering.

Pada acian atau plesteran halus dipakai campuran PC dan air sampai mendapatkan campuran yang homogen, acian dapat dikerjakan sesudah plesteran kering benar.

Plesteran pada beton, sebelum diplester permukaannya dibersihkan dari sisa-sisa bekisting dan semua lubang bekas pengikat bekisting harus tertutp dengan adukan plesteran.

Apabila dalam permukaan satu bidang datar terdapat pertemuan dengan bahan yang beda jenis seperti dinding bata dengan kusen, harus diberi naat atau tali air dengan ukuran lebar 0,7 cm dengan kedalaman 1,0 cm.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah toleransi kelengkungan atau cembung permukaan bidang datar tidak boleh melebihi 0,5 cm untuk setiap jarak 2,0 m.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Comment for Plesteran dan Acian

  1. siwujil // February 8th, 2013 at 10:05 am

    nice web bro..
    salam kenal..

    -siwujil





Related Post to Plesteran dan Acian

Tips Cara Memasang Keramik

June 10, 2013
Apabila ingin memasang keramik rumah anda sendiri ada baiknya mempelajari langkah-langkah dasarnya cara memasang keramik terlebih dahulu. Dengan demikian anda nantinya akan dapat mewujudkan...

Solusi Kondisi Lingkungan Yang Makin Kritis

June 15, 2011
Solusi Kondisi Lingkungan Yang Makin Kritis untuk bidang konstruksi. Mungkin Anda telah mengetahui dan menyadari bagaimana kritisnya kondisi lingkungan sekitar kita sekarang. Hutan-hutan di...

Perhitungan harga satuan pekerjaan pondasi

June 28, 2010
Standar Perhitungan harga satuan pekerjaan pondasi ini merupakan hasil revisi SNI 03-2836-2002, Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan pondasi batu belah untuk bangunan sederhana,...

Stabilisasi Dangkal Tanah Lunak Untuk Konstruksi Timbunan Jalan (Dengan Semen dan Cerucuk)

May 17, 2009
Stabilisasi tanah dengan menggunakan semen pertama kali dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 1935 dan sejak itu penggunaannya berkembang cukup pesat. Pondasi bangunan untuk...