Home » Tata Cara » Personal Safety

Personal Safety

December 11th, 2014 Tata Cara

Peralatan Standar K3 Di ProyekPersonal Safety – Perangkat keselamatan kerja personal merupakan standar yang harus dipenuhi oleh semua pekerja di proyek konstruksi bangunan, hal ini merupakan bagian dari langkah pencegahan terhadap terjadinya kecelakaan kerja dan pengadaannya menjadi tanggung jawab bersama.

Ada beberapa peralatan yang digunakan untuk melindungi seseorang dari kecelakaan ataupun bahaya yang kemungkinan bisa terjadi dalam proses konstruksi antara lain:

1. Helm
Fungsinya untuk menjaga bagian kepala dari kemungkinan kejatuhan benda dari atas terutama pekerjaan tanah, galian dan struktur bangunan.

2. Sepatu Pengaman
Fungsinya untuk melindungi kaki dari kejatuhan benda dan kemungkinan menginjak benda tajam misalnya paku, besi beton, potongan plat. Selain itu pada pengecoran beton pekerja harus pakai sepatu tahan air agar terlindung dari campuran beton.

3. Kaca Mata Kerja
Fungsinya untuk melindungi mata dari percikan terutama dalam pekerjaan gerinda, memotong keramik, membongkar beton dan lain-lain.

4. Masker
Fungsinya melindungi pernafasan dari debu dalam pekerjaan membuat adukan, menyaring pasir, membersihkan tempat kerja dan lain-lain.

5. Sarung Tangan
Fungsinya untuk melindungi tangan dari benda tajam, keras dan panas dipakai pada pekerjaan penulangan, mengangkat besi dan lain-lain.

6. Sabuk Pengaman
Fungsinya untuk menjaga dari kemungkinan jatuh, harus digunakan jika bekerja di atas misalnya erection kuda-kuda baja, merangkai tulangan kolom.

7. Penutup Telinga
Fungsinya untuk melindungi telinga dari bunyi-bunyi yang dikeluarkan oleh mesin yang memiliki volume suara yang cukup keras dan bising. Terkadang efeknya buat jangka panjang, bila setiap hari mendengar suara bising tanpa penutup telinga ini.

Pelaksanaan K3 di proyek konstruksi bangunan dikembangkan dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti skala proyek, jumlah tenaga kerja, lokasi kegiatan, potensi dan resiko bahaya, peraturan dan standar yang berlaku dan teknologi proyek yang digunakan.

Usaha untuk menjamin keselamatan pekerja dalam melakukan pekerjaannya kadang masih ada hambatan pelaksanaan K3 di tempat kerja. Hal ini disebabkan karena beberapa hal antara lain:

  • Budaya kerja tanpa memakai alat K3 sulit dirubah sehingga perlu adanya sosialisasi intensif terhadap pekerja.
  • Peran serta perusahaan masih kurang optimal dalam pengadaan peralatan keselamatan kerja.
  • Belum diterapkannya aturan  yang tegas tentang sangsi bagi pelanggar pemakaian peralatan keselamatan kerja.

 

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Personal Safety





Related Post to Personal Safety

Pedoman Studi Kelayakan Proyek Jalan dan Jembatan

March 30, 2009
Maksud dan tujuan pedoman studi kelayakan proyek jalan dan jembatan ini adalah untuk mengatur tindak lanjut dan menganalisis secara lebih rinci alinyemen pada koridor...

Mengapa Kondisi Jalan Kotaku Tidak Mulus Dan Berlubang

March 8, 2009
Banyak sekali keluhan warga kota tentang kondisi jalan yang rusak melalui media massa. Memang akibat kerusakan jalan sangat mengganggu kenyamanan penguna jalan serta berkaitan...

Plesteran dan Acian

October 22, 2012
Plesteran merupakan penutup dinding yang terdiri dari bahan semen (semen Portland/PC) dan pasir pasangan. Sedangkan acian adalah campuran antara semen PC dengan air saja....

Perhitungan harga satuan pekerjaan plesteran

July 1, 2010
Standar Perhitungan harga satuan pekerjaan plesteran ini merupakan hasil revisi SNI 03-2837-2002, Analisis Biaya Konstruksi (ABK) Bangunan gedung dan Perumahan Pekerjaan Plesteran, dengan perubahan...