Home » Pedoman » Pelaksanaan Pekerjaan Beton untuk Jalan dan Jembatan

Pelaksanaan Pekerjaan Beton untuk Jalan dan Jembatan

January 28th, 2010 Pedoman

Penggunaan beton untuk pekerjaan jalan dan jembatan sudah lama digunakan di negara Indonsia. Hal ini karena beton memiliki kelebihan dibandingkan dengan bahan lainnya.

Mutu beton yang digunakan dalam pekerjaan jalan dan jembatan adalah sebagai berikut:

1. Beton mutu tinggi, kuat tekan antara 35 – 65 Mpa setara K400 – K800.

  • Umumnya digunakan untuk beton prategang seperti tiang pancang beton prategang, gelagar beton prategang, pelat beton prategang dan sejenisnya.

2. Beton mutu sedang, kuat tekan antara 25 – <35 Mpa setara K250 -<K400.

  • Umumnya digunakan untuk beton bertulang seperti pelat lantai jembatan, gelagar beton bertulang, diafragma, kerb, beton pracetak, gorong-gorong beton bertulang, bangunan bawah jembatan.

3. Beton mutu rendah,

  • Untuk kuat tekan 15 – <20 Mpa setara K175 – <K250 umumnya digunakan untuk struktur beton tanpa tulangan seperti beton siklop, trotoar dan pasangan batu kosong yang diisi adukan, pasangan batu.
  • Untuk kuat tekan 10 – <15 Mpa setara K125 – <K175 umumnya digunakan sebagai lantai kerja, penimbunan kembali dengan beton.

Pelaksanaan pembetonan baik untuk jalan maupun jembatan saat ini telah mengalami kemajuan baik dari segi teknologi beton ataupun teknologi pelaksanaannya.

Oleh karena itu, perlu acuan untuk pelaksanaaan pembetonan tersebut supaya menghasilkan kualitas yang sesuai rencana. Sebagai acuan dapat digunakan pedoman Pelaksanaan Pekerjaan Beton untuk Jalan dan Jembatan (Pd-07-2005-B).

Dalam Pedoman ini antara lain menjelaskan mengenai persyaratan umum, bahan yang disyaratkan, bagaimana pencampuran dan penakarannya, pelaksanaan pengecoran, pengendalian mutu dilapangan.

Untuk lebih lanjut mengenai  Pelaksanaan Pekerjaan Beton untuk Jalan dan Jembatan (Pd-07-2005-B) silahkan dapat di unduh disini.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Pelaksanaan Pekerjaan Beton untuk Jalan dan Jembatan





Related Post to Pelaksanaan Pekerjaan Beton untuk Jalan dan Jembatan

Mengatasi Kerusakan Cat

November 24, 2015
Mengatasi Kerusakan Cat. Beberapa bentuk kerusakan cat yang sering dijumpai antara lain adalah lapisan cat yang mengelupas, permukaan cat menggelembung, berjamur dan belang-belang. Cat...

Pedoman Studi Kelayakan Proyek Jalan dan Jembatan

March 30, 2009
Maksud dan tujuan pedoman studi kelayakan proyek jalan dan jembatan ini adalah untuk mengatur tindak lanjut dan menganalisis secara lebih rinci alinyemen pada koridor...

Personal Safety

December 11, 2014
Personal Safety – Perangkat keselamatan kerja personal merupakan standar yang harus dipenuhi oleh semua pekerja di proyek konstruksi bangunan, hal ini merupakan bagian dari...

Perhitungan harga satuan pekerjaan plesteran

July 1, 2010
Standar Perhitungan harga satuan pekerjaan plesteran ini merupakan hasil revisi SNI 03-2837-2002, Analisis Biaya Konstruksi (ABK) Bangunan gedung dan Perumahan Pekerjaan Plesteran, dengan perubahan...