Home » Tata Cara » Pekerjaan Konstruksi

Pekerjaan Konstruksi

December 10th, 2012 Tata Cara

Pekerjaan Konstruksi adalah pekerjaan yang berhubungan dengan pelaksanaan konstruksi bangunan atau pembuatan wujud fisik lainnya. Yang dimaksud dengan pelaksanaan konstruksi bangunan, meliputi keseluruhan atau sebagian rangkaian kegiatan pelaksanaan yang mencakup pekerjaan arsitektural, sipil, mekanikal, elektrikal, dan tata lingkungan, masing-masing beserta kelengkapannya untuk mewujudkan suatu bangunan.

Yang dimaksud dengan pembuatan wujud fisik lainnya, meliputi keseluruhan atau sebagian rangkaian kegiatan pelaksanaan yang mencakup pekerjaan untuk mewujudkan selain bangunan antara lain, namun tidak terbatas pada:

  • konstruksi bangunan kapal, pesawat atau kendaraan tempur;
  • pekerjaan yang berhubungan dengan persiapan lahan, penggalian, dan/atau penataan lahan (landscaping);
  • perakitan atau instalasi komponen pabrikasi;
  • penghancuran (demolition) dan pembersihan (removal);
  • reboisasi.

Definisi diatas berdasarkan Penjelasan Peraturan Presiden No 70 tahun 2012 yang merupakan Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Perpres Nomor 70 Tahun 2012 bertujuan untuk mempercepat daya serap anggaran serta menghilangkan multi tafsir yang masih ada pada Perpres Nomor 54 Tahun 2010.

Karena sifatnya yang strategis, maka banyak perubahan yang ada dalam Perpres ini, baik yang bersifat perubahan, integrasi dari aturan lain, maupun penambahan aturan baru yang sebelumnya belum ada dalam Perpres No. 54 Tahun 2010.

Perpres 70 Tahun 2012 langsung dinyatakan berlaku sejak diundangkan, yang berarti sudah berlaku sejak tanggal 1 Agustus 2012.

Untuk lebih memahami silahkan unduh peraturan tersebut :

a.  Batang Tubuh Peraturan Presiden Nomor 70 tahun 2012
b.  Penjelasan Peraturan Presiden Nomor 70 tahun 2012

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Pekerjaan Konstruksi





Related Post to Pekerjaan Konstruksi

Teknik Konstruksi Jalan Di Atas Tanah Ekspansif

May 23, 2009
Tanah ekspansif adalah tanah atau batuan yang kandungan lempungnya memiliki potensi kembang-susut akibat perubahan kadar air. Tanah ekspansif memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis...

Beragam Istilah Dalam Properti

July 17, 2012
Banyak istilah yang sering digunakan oleh pelaku bisnis dalam dunia investasi properti. Dengan mengetahui istilah-istilah properti, seseorang akan dapat mengerti maksud dari kata-kata tersebut...

Gambut (extremely low bearing capacity)

March 9, 2009
Gambut (peat,moor,mire,fen) adalah tanah lunak organik yang mempunyai daya dukung yang sangat rendah. Gambut mengandung bahan organik lebih dari 30%.  Sebagai campuran dari fragmen...

Webcam software detects activity

October 27, 2010
I’m using webcamera software. I will broadcast on-line video to observe my apartment from anywhere. With my new internet camera software, I will run...