Home » Tata Cara » Pekerjaan Konstruksi

Pekerjaan Konstruksi

December 10th, 2012 Tata Cara

Pekerjaan Konstruksi adalah pekerjaan yang berhubungan dengan pelaksanaan konstruksi bangunan atau pembuatan wujud fisik lainnya. Yang dimaksud dengan pelaksanaan konstruksi bangunan, meliputi keseluruhan atau sebagian rangkaian kegiatan pelaksanaan yang mencakup pekerjaan arsitektural, sipil, mekanikal, elektrikal, dan tata lingkungan, masing-masing beserta kelengkapannya untuk mewujudkan suatu bangunan.

Yang dimaksud dengan pembuatan wujud fisik lainnya, meliputi keseluruhan atau sebagian rangkaian kegiatan pelaksanaan yang mencakup pekerjaan untuk mewujudkan selain bangunan antara lain, namun tidak terbatas pada:

  • konstruksi bangunan kapal, pesawat atau kendaraan tempur;
  • pekerjaan yang berhubungan dengan persiapan lahan, penggalian, dan/atau penataan lahan (landscaping);
  • perakitan atau instalasi komponen pabrikasi;
  • penghancuran (demolition) dan pembersihan (removal);
  • reboisasi.

Definisi diatas berdasarkan Penjelasan Peraturan Presiden No 70 tahun 2012 yang merupakan Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Perpres Nomor 70 Tahun 2012 bertujuan untuk mempercepat daya serap anggaran serta menghilangkan multi tafsir yang masih ada pada Perpres Nomor 54 Tahun 2010.

Karena sifatnya yang strategis, maka banyak perubahan yang ada dalam Perpres ini, baik yang bersifat perubahan, integrasi dari aturan lain, maupun penambahan aturan baru yang sebelumnya belum ada dalam Perpres No. 54 Tahun 2010.

Perpres 70 Tahun 2012 langsung dinyatakan berlaku sejak diundangkan, yang berarti sudah berlaku sejak tanggal 1 Agustus 2012.

Untuk lebih memahami silahkan unduh peraturan tersebut :

a.  Batang Tubuh Peraturan Presiden Nomor 70 tahun 2012
b.  Penjelasan Peraturan Presiden Nomor 70 tahun 2012

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Pekerjaan Konstruksi





Related Post to Pekerjaan Konstruksi

Construction Safety

December 6, 2014
Yang dimaksud dengan construction safety atau keselamatan konstruksi adalah menjaga keselamatan pekerja dari kemungkinan kesalahan konstruksi, lokasi kerja dan pengamanan bagian konstruksi yang belum...

Solusi Kondisi Lingkungan Yang Makin Kritis

June 15, 2011
Solusi Kondisi Lingkungan Yang Makin Kritis untuk bidang konstruksi. Mungkin Anda telah mengetahui dan menyadari bagaimana kritisnya kondisi lingkungan sekitar kita sekarang. Hutan-hutan di...

TATA CARA PEMELIHARAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT)

April 3, 2009
Tanpa pemeliharaan dan perbaikan jalan secara memadai, baik rutin maupun berkala, akan dapat mengakibatkan kerusakan yang besar pada jalan, sehingga jalan akan lebih cepat...

Konstruksi Jalan di Tanah Gambut (2)

March 24, 2009
Areal gambut yang luas untuk konstruksi jalan, biasanya dengan cara memperbaiki areal tersebut. Dengan cara dikupas atau digali, kemudian galian tersebut diisi dengan lapisan...