Home » Tata Cara » Pekerjaan Konstruksi

Pekerjaan Konstruksi

December 10th, 2012 Tata Cara

Pekerjaan Konstruksi adalah pekerjaan yang berhubungan dengan pelaksanaan konstruksi bangunan atau pembuatan wujud fisik lainnya. Yang dimaksud dengan pelaksanaan konstruksi bangunan, meliputi keseluruhan atau sebagian rangkaian kegiatan pelaksanaan yang mencakup pekerjaan arsitektural, sipil, mekanikal, elektrikal, dan tata lingkungan, masing-masing beserta kelengkapannya untuk mewujudkan suatu bangunan.

Yang dimaksud dengan pembuatan wujud fisik lainnya, meliputi keseluruhan atau sebagian rangkaian kegiatan pelaksanaan yang mencakup pekerjaan untuk mewujudkan selain bangunan antara lain, namun tidak terbatas pada:

  • konstruksi bangunan kapal, pesawat atau kendaraan tempur;
  • pekerjaan yang berhubungan dengan persiapan lahan, penggalian, dan/atau penataan lahan (landscaping);
  • perakitan atau instalasi komponen pabrikasi;
  • penghancuran (demolition) dan pembersihan (removal);
  • reboisasi.

Definisi diatas berdasarkan Penjelasan Peraturan Presiden No 70 tahun 2012 yang merupakan Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Perpres Nomor 70 Tahun 2012 bertujuan untuk mempercepat daya serap anggaran serta menghilangkan multi tafsir yang masih ada pada Perpres Nomor 54 Tahun 2010.

Karena sifatnya yang strategis, maka banyak perubahan yang ada dalam Perpres ini, baik yang bersifat perubahan, integrasi dari aturan lain, maupun penambahan aturan baru yang sebelumnya belum ada dalam Perpres No. 54 Tahun 2010.

Perpres 70 Tahun 2012 langsung dinyatakan berlaku sejak diundangkan, yang berarti sudah berlaku sejak tanggal 1 Agustus 2012.

Untuk lebih memahami silahkan unduh peraturan tersebut :

a.  Batang Tubuh Peraturan Presiden Nomor 70 tahun 2012
b.  Penjelasan Peraturan Presiden Nomor 70 tahun 2012

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Pekerjaan Konstruksi





Related Post to Pekerjaan Konstruksi

Pedoman Studi Kelayakan Proyek Jalan dan Jembatan

March 30, 2009
Maksud dan tujuan pedoman studi kelayakan proyek jalan dan jembatan ini adalah untuk mengatur tindak lanjut dan menganalisis secara lebih rinci alinyemen pada koridor...

Dinding Bangunan Rumah

June 27, 2012
Dinding merupakan pembatas ruangan sebagai pemisah ruangan satu dengan yang lainnya. Dengan begitu anda dapat membedakan jenis serta fungsi ruangan pada bangunan rumah anda...

Tips Menghias Langit-Langit Kamar

November 2, 2010
Tips Menghias Langit-Langit Kamar dengan Kerlap kerlip Sinar Bintang di Malam Hari. Adalah Markus Watts dengan pengalamannya sejak tahun 1995 berkreasi dengan menghias langit-langit...

Gambut (extremely low bearing capacity)

March 9, 2009
Gambut (peat,moor,mire,fen) adalah tanah lunak organik yang mempunyai daya dukung yang sangat rendah. Gambut mengandung bahan organik lebih dari 30%.  Sebagai campuran dari fragmen...