Home » Transportation » Mengapa Kondisi Jalan Kotaku Tidak Mulus Dan Berlubang

Mengapa Kondisi Jalan Kotaku Tidak Mulus Dan Berlubang

March 8th, 2009 Transportation

jalan-rusakBanyak sekali keluhan warga kota tentang kondisi jalan yang rusak melalui media massa. Memang akibat kerusakan jalan sangat mengganggu kenyamanan penguna jalan serta berkaitan dengan keselamatan berkendara. Macet dan macet lagi efek lain dari kerusakan jalan tersebut.  Di berapa ruas jalan banyak berlubang dan ada genangan air.

Apa yang menyebabkan jalan cepat rusak?.
Sebelum mengenal apa penyebab kerusakan jalan. Sepintas kita  mengupas jalan raya secara structural meliputi  apa saja, untuk sedikit membantu memberi gambaran mengenai jalan raya.

Secara umum struktural Jalan Raya terdiri dari beberapa lapisan yaitu lapisan paling bawah yaitu lapisan tanah dasar atau eksisting. Lapisan diatas tanah dasar disebut lapisan sub-grade biasanya dibangun dengan batu pecah yang dicampur dengan tanah (Agregat Base Klas C/kualitas rendah). Kemudian lapisan diatas sub-grade adalah sub-base, lapisan ini mengunakan material dengan kualitas menengah (Agregat Base Kelas B). Diatas lapisan sub-base yaitu base yang menggunakan material kualitas tinggi (Agregat Kelas A). Sedang lapisan yang paling atas adalah lapisan aus (aspal).

Setelah mendapat gambaran struktur jalan raya kita mencoba mencari penyebab rusak jalan raya. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan jalan yaitu:

Kondisi drainase permukaan jalan dan sekitarnya. Faktor utama berarti air. Air yang menggenang dipermukan jalan dalam waktu lama akan menyebabkan rusaknya strukutur jalan. Terutama pada lapisan yang bawah (sub-grade dan sub-base) karena kualitas material yang rendah. Sehingga apabila sistem drainase tidak berfungsi dengan baik, air akan menggenang dan merusak jalan. Itu sebabnya pada musim hujan kerusakan jalan semakin parah. Adanya aliran air disekitar badan jalan dapat mengakibatkan rembesan air ke badan jalan. Inilah yang merusak ikatan antara butir-butir agregat dan aspal lepas, sehingga lapisan perkerasan jadi tidak kedap air lagi. Yang kemudian menyebabkan melemahkan daya dukung tanah dasar.

Mutu pelaksanaan konstruksi jalan. Hal ini bisa saja terjadi apabila dalam pekerjaan dilapangan tidak sesuai dengan desain dan spesifikasi yang ditentukan. Jadi perlu adanya kometmen bagi pihak-pihak yang terkait yaitu kontraktor dan pengawas dalam menjalankan tugas dikerjakan dengan baik. Tanpa ada “embel-embel” apapun. Karena jalan yang dibuat untuk kepentingan bersama dengan sumber dana dari rakyat.

Beban jalan. Kelebihan beban (overload) pemakaian jalan. Batas beban mutan yang dapat ditoleransi pada konstruksi jalan ditentukan dengan angka Muatan Sumbu Terberat (MST). Untuk jalan yang berkualitas di Indonesia MST-nya 10-12 ton. Dalam pengertian setiap sumbu roda kendaraan maksimal 10-12 ton. Secara teori peluang kerusakan jalan adalah pangkat empat dari besarnya kenaikan beban. Sebenarnya apabila kita mengetahui jalan tersebut akan menerima beban yang berat (volume lalu lintas tinggi) sudah diperhitungkan dalam perencanaan. Dengan dasar prediksi volume lalu lintas pada umur rencana yang berpatokan dengan Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR). Jadi overload diharapkan bisa teratasi. Ya tentunya fungsikan juga jembatan timbang dengan benar.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Comment for Mengapa Kondisi Jalan Kotaku Tidak Mulus Dan Berlubang

  1. anwar // August 2nd, 2010 at 1:51 am

    Saya setuju dengan artikel anda, memang di indonesia untuk menciptakan jalan yang baik dan bebas lubang perlu biaya yang tidak sedikit (baca: kualitas baik perlu biaya tinggi). Para kontraktor yang kerja biasanya selalu kesulitan untuk memadatkan tanah di lapisan sub base dengan baik. Selain itu juga terkendala dengan kondisi tanah itu sendiri, sehingga sulit untuk para pekerja untuk membuat tanah padat yang berkualitas.
    Saya mempunyai solusi untuk hal ini, yaitu menggunakan campuran cairan pure crete pada tanah di lapisan sub base dan base, sehingga dapat membuat tanah menjadi padat sekeras batu dengan harga yang lebih murah. Untuk informasi lebih lanjut dapat email ke saya di anwar.konggoro@gmail.com

  2. Stars from Heavens // September 24th, 2012 at 2:37 pm

    Hi. I hope it’s ok to use one of your pictures on this post of mine:

    http://starsfromheavens.wordpress.com/2012/09/24/the-barefooted-workmen/

    let me know if it’s not ok. Thanks!

Trackbacks

  1. Sekilas Tentang Drainase Permukaan Jalan | aryapersada.com
  2. Teknik Konstruksi Jalan Di Atas Tanah Ekspansif | aryapersada.com
  3. Prinsip Umum Hidrologi dan Hidrolika untuk Jalan dan Jembatan | aryapersada.com





Related Post to Mengapa Kondisi Jalan Kotaku Tidak Mulus Dan Berlubang

Desain Konstruksi Atap Baja Ringan

July 17, 2014
Dalam mendesain konstruksi atap baja ringan banyak variabel yang digunakan untuk mendesainnya. Semakin lengkap data yang ada akan membantu dalam proses perencanaannya. Proses desain...

Pelaksanaan Pekerjaan Beton untuk Jalan dan Jembatan

January 28, 2010
Penggunaan beton untuk pekerjaan jalan dan jembatan sudah lama digunakan di negara Indonsia. Hal ini karena beton memiliki kelebihan dibandingkan dengan bahan lainnya. Mutu...

Perhitungan harga satuan pekerjaan beton

June 29, 2010
Perhitungan harga satuan pekerjaan beton ini merupakan revisi RSNI T-13-2002, Tata cara perhitungaan harga satuan pekerjaan beton, menetapkan indeks bahan bangunan dan indeks tenaga...

Beragam Istilah Dalam Properti

July 17, 2012
Banyak istilah yang sering digunakan oleh pelaku bisnis dalam dunia investasi properti. Dengan mengetahui istilah-istilah properti, seseorang akan dapat mengerti maksud dari kata-kata tersebut...