Home » Construction Materials » Membuat Denah Rumah Sendiri

Membuat Denah Rumah Sendiri

April 16th, 2013 Construction Materials

membuat denah rumahMembuat denah rumah anda sendiri perlu disesuaikan dengan kebutuhan penghuni rumah yang akan menempatinya. Oleh karena itu supaya lebih mengakomodir kebutuhan pada awal perencanaan, Anda perlu berdiskusi terlebih dahulu dengan seluruh anggota keluarga mengenai kebutuhan ruangan yang akan diwujudkan dalam denah bangunan.

Membuat denah rumah memerlukan waktu yang relatif cukup lama sebab akan menentukan pembangunan rumah tersebut dikemudian hari.

Berikut langkah-langkah dalam membuat denah rumah:

  • Mengumpulkan data-data.

Sebelum memulai memdesain denah rumah, terlebih dahulu memgumpulkan data-data mengenai lokasi dan lahan yang akan dibangun. Data-data yang perlu diketahui antara lain:

  1. Lokasi Lahan, lokasi lahan diperlukan untuk membuat prosentase lahan terbangun dan lahan yang tidak terbangun.
  2. Arah Hadap Lahan, arah hadap lahan diperlukan untuk menentukan bukaan-bukaan pada rumah untuk jalan masuk sinar matahari.
  3. Kondisi Struktur Tanah, kondisi struktur tanah berfungsi untuk menentukan jenis pondasi yang akan digunakan nantinya.
  • Perletakan Ruangan.

Perletakan ruangan pada suatu hunian sangat mempengaruhi kenyamanan serta keindahan atau estetika bangunan. Perlu memperhatikan pula letak ruangan sesuai dengan kebutuhan agar tercapai kenyamanan dalam  bangunan hunian. Selain itu juga perlu diperhatikan tentang sirkulasi udara dan pencahayaan dalam ruangan tersebut.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Membuat Denah Rumah Sendiri





Related Post to Membuat Denah Rumah Sendiri

Mengatasi Kerusakan Cat

November 24, 2015
Mengatasi Kerusakan Cat. Beberapa bentuk kerusakan cat yang sering dijumpai antara lain adalah lapisan cat yang mengelupas, permukaan cat menggelembung, berjamur dan belang-belang. Cat...

Membuat Rencana Anggaran Biaya Pekerjaan

January 21, 2011
Rencana Anggaran Biaya atau RAB  merupakan pekerjaan perencanaan yang dapat menjembatani antara kebutuhan desain dan anggaran yang tersedia sehingga suatu pekerjaan sesuai dengan yang...

Apa Itu Baja Ringan?

June 17, 2011
Baja ringan adalah baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional.  Ada bebarapa macam baja ringan...

Sistem Drainase Jalan

August 15, 2009
Sistem drainase merupakan serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan ke badan air (sungai dan danau)...