Home » Tata Cara » Harga Satuan Dalam Proyek

Harga Satuan Dalam Proyek

October 13th, 2013 Tata Cara

Harga satuan proyek

Apabila ingin membangun rumah, kita pasti ingin membuat RAB atau Rencana Anggaran Biaya. Dalam rencana anggaran biaya tersebut, dicantumkan berbagai estimasi biaya yang akan dikeluarkan seperti anggaran untuk material, upah pekerja hingga peralatan.

Rencana anggaran biaya merupakan gambaran mengenai estimasi total anggaran yang bakal dikeluarkan. Lalu, bagaimana dengan proyek pembangunan dengan beban pekerjaan yang cukup besar seperti membangun bendungan, jembatan, jalan tol?

Analisis Harga Satuan Pekerjaan atau AHSP fungsinya menyerupai dengan Rencana Anggaran Biaya. Harga satuan tiap pekerjaan dihitung berdasarkan harga satuan bahan, peralatan, upah kerja dan nilai koefisien tiap pekerjaan.

Analisis harga satuan pekerjaan juga dapat memberikan gambaran mengenai biaya yang kira-kira diperlukan dalam sebuah proyek pekerjaan.

Sebenarnya secara prinsip baik RAB maupun AHSP memiliki kesamaan. Baik proyek pekerjaan ringan maupun berat sama-sama membutuhkan rincian biaya.

Pada pekerjaan berat analisis harga satuan pekerjaan penting sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan konstruksi yaitu menjelaskan prinsip dasar upah pekerjaan, alat dan bahan.

Faktor yang mempengaruhi harga satuan upah tenaga kerja antara lain jumlah tenaga kerja dan tingkat keahlian tenaga kerja tersebut. Biaya tenaga kerja juga dipengaruhi oleh jenis pekerjaan dan lokasi dimana proyek berlangsung.

Komponen yang mempengaruhi harga dasar alat antara lain jenis peralatan, efisiensi kerja, kondisi cuaca, kondisi medan dan jenis material yang dikerjakan. Jika ingin menghitung biaya alat berdasarkan satuan waktu, maka yang harus dilihat faktor jenis alat yang digunakan, tenaga mesin, kapsitas alat, umur ekonomi alat, jam kerja alat pertahun, harga pokok alat, nilai sisa alat, tingkat suku bunga, angsuran modal, upah tenaga, bahan bakar serta asuransi dan pajak.

Faktor yang mempengaruhi harga satuan dasar bahan antara lain kualitas, kuantitas serta lokasi asal bahan. Bahan disini dapat dibedakan menjadi bahan baku (batu, pasir, seman dan lain-lain), bahan olahan (agregat kasar dan agregat halus, campuran beton semen dan lain-lain), bahan jadi (tiang pancang beton pracetak, geosintetik dan lain-lain).

Beberapa hal yang mempengaruhi harga satuan pekerjaan antara lain asumsi, urutan pekerjaan, faktor yang mempengaruhi analisis produktivitas, serta koefisien bahan, alat dan tenaga kerja.

Untuk langkah-langkah perhitungannya ada rumusnya tersendiri. Semua yang diperlukan untuk membuat rincian harga satuan bisa didapat dalam pedoman disini.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Harga Satuan Dalam Proyek





Related Post to Harga Satuan Dalam Proyek

Yang Perlu Diperhatikan Pada Pengecoran

December 7, 2014
Hal yang perlu diperhatikan pemadatan pada pengecoran beton adalah sebagai berikut: Campuran beton harus segera diisikan ke tempat yang mau dicor. Beton harus sudah...

Pelaksanaan Perkerasan Jalan Beton Semen

June 21, 2009
Berdasarkan Pedoman Pelaksanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-05-2004-B) prosedur pelaksanaan perkerasan beton mencakup persyaratan bahan, penyiapan tanah dasar dan lapis pondasi, penyiapan pembetonan,...

Biaya Renovasi Bangunan

March 24, 2015
Biaya Renovasi Bangunan – Merencanakan biaya merupakan langkah awal mempersiapkan renovasi. Idealnya segala kebutuhan renovasi dapat disesuaikan dengan budget yang kita miliki. Dalam suatu...

Pelaksanaan Pekerjaan Beton untuk Jalan dan Jembatan

January 28, 2010
Penggunaan beton untuk pekerjaan jalan dan jembatan sudah lama digunakan di negara Indonsia. Hal ini karena beton memiliki kelebihan dibandingkan dengan bahan lainnya. Mutu...