Home » Manual Book » Estimasi Biaya Konstruksi

Estimasi Biaya Konstruksi

January 6th, 2019 Manual Book

Estimasi biaya konstruksi adalah suatu proses menghitung biaya dari perhitungan volume pekerjaan, harga bahan dari berbagai macam material bangunan dan upah pekerja untuk pekerjaan yang akan terjadi pada suatu konstruksi.

Nama juga estimasi jadi dibuat sebelum dimulai pembangunan konstruksi tersebut sehingga biaya yang didapat merupakan taksiran biaya bukan actual cost atau biaya yang sebenarnya. Hal ini tergantung dari estimator dalam menaksir harga yang didasarkan kepandaian dan pengalaman yang dimilikinya.

Dalam membuat estimasi biaya biasanya dihitung berdasarkan gambar desain dan spesifikasi teknisnya konstruksi yang akan dibangun. Ada 2 (dua) cara dalam membuat estimasi biaya yaitu estimasi secara kasar dan estimasi secara terperinci.

Baca juga :  Seputar Anggaran Biaya

Estimasi secara kasar dalam menghitung umumnya berpatokan pada luasan bangunan konstruksi tersebut atau per meter persegi (m2). Misal estimasi harganya Rp. 1.000.000,00/m2 dan luas bangunan yang akan dikerjakan 225 m2, maka perkiraan biayanya 225 m2 x Rp. 1.000.000,00/m2 adalah Rp. 225.000.000,00.

Estimasi secara terperinci dengan cara menghitung volume dan harga-harga dari seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan supaya pekerjaan bisa diselesaikan sesuai dengan yang diharapkan dengan hasil memuaskan. Cara ini merupakan yang terbaik yaitu dengan menghitung seluruh komponen dalam pekerjaan dimana volume bahan-bahan yang dipakai dan upah pekerja dihitung  dengan mengalikan harga masing-masing dan kemudian dijumlahkan seluruhnya.

Estimasi biaya konstruksi memerlukan estimator yang memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai detail pelaksanaan pekerjaan dalam bidang konstruksi. Mampu menghitung secara teliti dan cermat dalam menaksir mendekati biaya sebenarnya. Mempunyai sumber informasi untuk mengetahui harga bahan dan tempat membelinya, upah kerja, biaya alat, overhead dan biaya tambahan lainnya.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Estimasi Biaya Konstruksi





Related Post to Estimasi Biaya Konstruksi

Perpres Nomor 4 Tahun 2015

May 2, 2015
Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 merupakan Perubahan keempat Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah membuat beberapa perubahan yang cukup signifikan...

Dinding Batu Bata

September 27, 2012
Dinding dari pasangan batu bata umumnya dibuat dengan ketebalan ½ batu dan minimal setiap jarak 3 m diberi kolom praktis sebagai pengikat dan penyalur...

Desain Atap Rumah

November 22, 2011
Desain Atap Rumah. Atap rumah merupakan bagian penting pada konstruksi bangunan rumah karena berada diatas untuk menutupi seluruh bagian bangunan rumah itu sendiri. Atap...

Pedoman Studi Kelayakan Proyek Jalan dan Jembatan

March 30, 2009
Maksud dan tujuan pedoman studi kelayakan proyek jalan dan jembatan ini adalah untuk mengatur tindak lanjut dan menganalisis secara lebih rinci alinyemen pada koridor...