Home » Construction Materials » Dinding Bata Ringan

Dinding Bata Ringan

July 6th, 2012 Construction Materials

bata ringanDinding  bata ringan adalah dinding bata yang menyerupai beton dan memiliki sifat kuat, tahan air dan api, awet  yang diproduksi di pabrik dengan menggunakan mesin. Material ini memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan batu bata maupun batako. Bata ringan banyak dipakai untuk bangunan bertingkat supaya dapat mengurangi pembebanan sehingga beban pondasi lebih kecil.

Ukuran bata ringan panjang 60 cm, lebar 20 cm dengan ketebalan  10 cm atau  7 cm. Dengan ukuran yang demikian maka pekerjaan dinding bata ringan akan cepat selesai yang berarti dapat menghemat upah tukang juga.

Bata ringan terdiri dari campuran pasir kuarsa, semen, kapur, sedikit gypsum, air dan alumunium pasta sebagai bahan pengembang atau pengisi udara secara kimiawi yang berperan dalam kekerasan beton nantinya. Volume aluminium pasta ini berkisar 5-8 persen dari campuran yang dibuat, tergantung kepadatan yang diinginkan. Setelah tercampur sempurna, nantinya akan mengembang selama 7-8 jam. Campuran beton aerasi ini kemudian dipotong sesuai ukuran.

Kelebihan dinding bata ringan :

  • Dibandingkan dengan bata merah, pemasangan bata ringan jauh lebih cepat.
  • Bata ringan merupakan bahan dinding yang kedap air sehingga kemungkinan untuk terjadi rembesan air pada dinding relative kecil.
  • Luasan rangka beton lebih luas dibandingkan dengan batu bata yaitu antara 9 s/d 12 m2.
  • Kedap suara yang cukup bagus serta memiliki karakteristik yang ringan dan tahan terhadap api.
  • Memiliki ukuran dan kualitas yang seragam sehingga dapat menghasilkan dinding yang rapi.

Kekurangan dinding bata ringan :

  • Harga relative mahal dibanding dengan bata merah.
  • Masih jarang di temui dipasaran. Kebanyakan dijual di toko bangunan di kota-kota besar.
  • Belum umum dipakai sehingga tidak semua tukang bangunan bisa mengerjakannya.
  • Apabila terkena air, maka untuk menjadi kering betul dibutuhkan waktu yang lebih lama dari bata biasa. Kalau tetap dipaksakan diplester sebelum kering maka akan timbul bercak kuning pada plesterannya.

Kebutuhan dalam per m2 bidang dinding membutuhkan bata ringan sebanyak kurang lebih 8,5 bata ringan sedangkan untuk batu bata memerlukan 80 – 100 bata.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Dinding Bata Ringan





Related Post to Dinding Bata Ringan

Kekurangan dan Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan

May 25, 2012
Setiap bahan konstruksi yang digunakan dalam membangun rumah anda pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya baik dari kekuatan, keindahan bentuk atau yang lainnya. Begitu juga...

Perhitungan harga satuan pekerjaan kayu

July 2, 2010
Standar ini merupakan hasil revisi SNI 03-3434-2002, Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan kayu untuk bangunan gedung, yang disesuaikan dengan keadaan di Indonesia dengan...

Mengatasi Kerusakan Cat

November 24, 2015
Mengatasi Kerusakan Cat. Beberapa bentuk kerusakan cat yang sering dijumpai antara lain adalah lapisan cat yang mengelupas, permukaan cat menggelembung, berjamur dan belang-belang. Cat...

Perpres 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang Jasa Pemerintah

October 29, 2010
Perpres No. 54 Tahun 2010 secara hukum dinyatakan berlaku sejak ditandatangani yaitu tanggal 6 Agustus 2010, akan tetapi oleh LKPP diberikan aturan peralihan dan...