Home » Drainage » Biopori

Biopori

May 5th, 2015 Drainage

Lubang biopori

 

Kita sering mendengar istilah biopori atau lubang peresapan. Biopori atau lubang resapan digunakan untuk memperbaiki kondisi lingkungan, mengingat semakin sedikitnya lahan terbuka yang ada saat ini. Hal ini berdampak pada bencana banjir yang melanda beberapa daerah.

Anda juga dapat membuat biopori sendiri dengan membuat lubang seperti membuat sumur bor dengan diameter antara 10-15 cm dan dalamnya kurang lebih 100 cm.

Lubang resapan dapat membantu peresapan air terutama air hujan ke dalam tanah dan meningkatkan kesuburan tanah.

Lubang biopori mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Membuat meresapkan air hujan ke dalam tanah. Baik air hujan yang langsung dari talang maupun air limpasan air hujan.
  2. Menyuburkan tanah. Lubang biopori akan lebih baik bila dibuat disekitar pepohonan di kebun atau halaman sehingga dapat menyuburkan tanaman.
  3. Membantu mengurangi  penumpukan sampah. Sampah dari rumah tangga dapat dimasukan ke dalam lubang biopori sehingga mengurangi penumpukan sampah terutama sampah organik.
  4. Terhindar dari berbagai jenis penyakit. Bila sampah rumah tangga sisa makanan, sayuran atau dedaunan di masukan ke lubang resapan akan mengurangi dan mencegah penyakit. Tumpukan sampah pada tempat terbuka yang membusuk dapat mengundang lalat yang dapat menyebarkan penyakit.
  5. Mengurangi genangan air. Lubang biopori  dapat dibuat ditempat yang airnya sulit meresap untuk membantu meresapkan air ke dalam tanah.
  6. Penghasil kompos. Pupuk kompos yang terbentu dalam lubang resapan biopori dapat diambil untuk menyuburkan tanaman.

Biopori memiliki banyak manfaat secara ekologi dan lingkungan yaitu memperluas bidang penyerapan air sebagai penanganan limbah organik dan meningkatkan kesehatan tanah.

Biopori saat ini menjadi pelengkap dalam penerapan kebijakan luas minimum ruang terbuka hijau di perkotaan dan perumahan yang menerapkan konsep rumah hijau.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Biopori





Related Post to Biopori

Timbunan Jalan Pendekat Jembatan (Oprit)

April 12, 2009
Timbunan jalan pendekat jembatan yaitu segmen yang menghubungkan konstruksi perkerasan dengan kepala jembatan. Adalah merupakan segmen sepanjang jalan yang dibatasi oleh lebar, tinggi tertentu...

Perpres Nomor 4 Tahun 2015

May 2, 2015
Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 merupakan Perubahan keempat Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah membuat beberapa perubahan yang cukup signifikan...

Plafon Rumah

February 21, 2012
Plafon secara definisi merupakan daerah pembatas antara atap dan ruangan di bawahnya ketinggiannya berkisar antara 2,80 – 3,80 m. Plafon rumah memiliki banyak fungsi....

Berapa Harga Baja Ringan

April 26, 2015
  Berapa harga baja ringan? – Harga baja ringan ditentukan oleh beberapa faktor seperti merk, desain atap, kualitas metrial, lokasi pekerjaan dan volume pekerjaan....