Home » Construction Materials » Biaya Bangun Rumah Murah Dengan Desain Sendiri

Biaya Bangun Rumah Murah Dengan Desain Sendiri

January 29th, 2019 Construction Materials
biaya bangun rumah murah

Rumah bisa menjadi sumber inspirasi bila kenyamanan dan kebutuhan masing-masing penghuni bisa terpenuhi. Untuk mengakomodir kebutuhan penghuni pada awal perencanaan, perlu diskusi dengan seluruh anggota keluarga mengenai kebutuhan ruangan yang akan diwujudkan dalam desain denah rumah. Tahapan mendesain denah untuk rumah  disesuaikan dengan kebutuhan penghuni rumah untuk memudahkan dalam perkiraan biaya bangun rumah.

Desain denah bangunan rumah memerlukan waktu atau proses yang relatif lama karena akan menentukan estimasi biaya bangun rumah dan pembangunan rumah nantinya. Salah satu faktor yang dapat menghemat biaya pembangunan rumah adalah pengolahan desain bangunan dengan baik.  

Baca Juga : Membuat Denah Rumah Sendiri

Beberapa tips yang perlu diperhatikan jika ingin membuat denah rumah sendiri antara lain sebagai berikut:

  1. Buat sedikit mungkin dinding tinggi pada ruangan dalam.
  2. Desain penggunaan bahan material bangunan yang efisien.
  3. Buat desain dengan luasan yang optimal.
  4. Buat kesan rumah murah tapi tak murahan.

Tips yang pertama buat sedikit mungkin penyekat ruangan dengan dinding yang tinggi yaitu dengan mengurangi jumlah luasan dinding dalam rumah. Usahakan desain sedikit mungkin ruangan dengan dinding pembatas yang tinggi. Sebagian orang beranggapan perbedaan ruangan selalu identik dengan adanya dinding. Padahal ada aternatif lain untuk sekat ruangan atau pembatas ruangan. Untuk membedakan ruangan bisa disikapi dengan membedakan tinggi elevasi lantai dari ruangan tersebut. Dapat juga memanfaatkan elemen interior atau penggunaan partisi yang tidak permanen.

Tips kedua adalah mendesain rumah dengan penggunaan bahan dengan meminimilisasi biaya material bangunan. Sebagai contoh dalam mengolah desain atap bangunan. Untuk menghemat biaya bangun rumah usahakan dalam desain atap dengan bentuk-bentuk yang sedikit pemakaian jurai dan memakai penutup atap yang hemat biaya seperti seng, asbes atau atap-atap yang lebar lainnya.

Baca Juga : Desain Konstruksi Atap Baja Ringan

Tips ketiga membuat desain rumah dengan luasan yang optimum. Semakin luas bangunan rumah tentu semakin besar biaya bangun rumah yang akan dikeluarkan. Oleh karena itu, sebelum membangun rumah perlu diperhatikan lebih dahulu ruangan yang sangat diperlukan. Sebisa mungkin mengoptimalkan fungsi ruangan. Semisal dalam keluarga jarang kedatangan tamu, tak ada salahnya ruang tamu dan ruang keluarga dijadikan dalam satu kesatuan ruangan. Begitu juga ruang tidur dan ruang belajar serta ruang-ruang lainnya.

Kemudian tips yang keempat, membuat kesan rumah murah tapi tak murahan. Biaya dan bahan yang terbatas bukan berarti membatasi dalam berkreasi. Membangun rumah dengan bahan material yang sederhana pun dapat nampak menawan. Ini dapat dipraktekan pada bagian dinding dan lantai. Untuk dinding finishing tidak harus dengan plesteran dan acian, tapi bisa dikombinasi dengan teknik kamprot sehingga tekstur kamprot akan terlihat lebih estetis. Sedang untuk lantai ruangan dapat dikreasi dengan menggabungkan beberapa warna atau mosaik dari pecahan-pecahan keramik.

Apa mungkin membangun rumah dengan biaya bangun rumah yang murah?, namun tak terkesan murahan? Ya mungkin saja.  Banyak aspek yang perlu diperhatikan pada saat membangun rumah tersebut yaitu desain seperti yang telah diuraikan diatas, kemudian aspek bahan bangunan dan waktu pelaksanaan. Lain kesempatan akan bahas mengenai aspek bahan bangunan dan waktu pelaksanaan.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Biaya Bangun Rumah Murah Dengan Desain Sendiri





Related Post to Biaya Bangun Rumah Murah Dengan Desain Sendiri

Tanah Dasar Jalan

March 5, 2010
Tanah dasar jalan merupakan pondasi bagi perkerasan baik perkerasan yang terdapat pada alur lalu-lintas maupun bahu. Dengan demikian tanah dasar merupakan konstruksi terakhir yang...

Personal Safety

December 11, 2014
Personal Safety – Perangkat keselamatan kerja personal merupakan standar yang harus dipenuhi oleh semua pekerja di proyek konstruksi bangunan, hal ini merupakan bagian dari...

Pekerjaan Konstruksi

December 10, 2012
Pekerjaan Konstruksi adalah pekerjaan yang berhubungan dengan pelaksanaan konstruksi bangunan atau pembuatan wujud fisik lainnya. Yang dimaksud dengan pelaksanaan konstruksi bangunan, meliputi keseluruhan atau...

Software Pengecek English Grammar

December 11, 2010
Apabila ada yang mengalami masalah dengan English Grammar atau kesulitan dalam menulis dalam bahasa inggris yang baik dan benar. Ada software yang dapat membantu...