Belajar Bisnis OnlineBelajar bagaimana menjalankan usaha atau bisnis dengan memanfaatkan kecanggihan internet yang sering dikenal dengan bisnis online. Pada dasarnya dalam menjalankan bisnis dengan media internet atau bisnis online memerlukan produk maupun jasa untuk dijual. Tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan bagi yang tidak memiliki produk sendiri untuk mendapatkan uang dari internet, karena bisnis online bisa untuk siapa saja.

Untuk memulai bisnis online ada baiknya belajar terlebih dahulu karena ini adalah dunia yang benar-benar baru yaitu Dunia Online. Dengan Panduan dan arahan yang baik akan membantu anda dalam belajar bagaimana berbisnis online. Dimana semua materi yang disajikan baik berupa artikel atau tutorial panduan mengenai tahapan yang urut sehingga memudahkan untuk praktekkan. Apalagi dilengkapi gambar=gambar yang mendukung proses pembelajaran.

Belajar akan sempurna jika diterapkan dalam praktek langsung karena  akan susah jika hanya membaca panduan saja. Tentunya harus Anda perlu rela menyiapkan Waktu dan Sedikit Uang. Kita harus menyediakan waktu kalau ingin memulai bisnis ini. Mustahil kalau kita tidak menyediakan waktu di permulaan. Bisnis Online dengan waktu-waktu yang senggang biasanya malah susah untuk berhasil.

Sebenarnya Bisnis Online itu sama seperti bisnis biasa dimana kita harus menjual sesuatu. Bedanya kita jualannya gak di pasar, melainkan di internet. Berdasarkan produk yang dijual, ada 2 jenis bisnis online yaitu BISNIS ONLINE PRODUK DIGITAL dan BISNIS ONLINE PRODUK FISIK.

Produk digital adalah produk yang secara fisik tidak dapat kita sentuh, tapi keberadaannya dapat kita manfaatkan. Contohnya adalah software computer, ebook, script web, space hosting, bandwidth, domain, membership, space iklan dan lain-lain. Menjual produk digital tidak memerlukan pengiriman karena konsumen bisa langsung download setelah membayar. Juga tidak butuh proses lama untuk mendapatkan produk yang kita inginkan. Biasanya kurang dari 24 jam.

Produk fisik adalah produk yangg secara fisik dapat kita sentuh dan kita rasakan. Contohnya  barang elektronik, busana, kerajinan, dan lain-lain. Menjual produk fisik butuh pengiriman. Untuk itu perlu biaya pengiriman biasanya dan bekerjasama dengan jasa pengiriman barang. Prosesnya tentu lebih lama karena tergantung jarak antara pemilik produk dan konsumen. Semakin jauh, semakin lama proses pengiriman produknya.

Cara Menjalankan Bisnis Online dalam memasarkan produknya yaitu dengan membangun web untuk promosi atau promosi lewat social media dan web-web periklanan.Bisnis online setidaknya ada 3 klasifikasi berdasarkan cara kerjanya:

  1. PENJUAL/SELLER : Cara kerjanya anda menyediakan barang, kemudian anda membuat web untuk promosi, lalu promosikan lewat social media atau web periklanan, kalau ada yang beli anda periksa dulu apa uangnya sudah dikirim baru anda kirim barang dagangan anda.
  2. MAKELAR/MARKETER : Cara kerjanya anda mencari barang yang siap dijual, anda membuat web untuk promosi atau promosi lewat social media dan web periklanan, kalau ada yang tertarik anda kontak penjual barangnya dan dia akan kirim barangnya. Anda akan dapat komisi dari hasil penjualan itu.
  3. PENERBIT/PUBLISHER : Cara kerjanya anda membuat website, optimasi supaya ramai, anda promosikan ke social media atau web periklanan. Lalu anda bekerjasama dg jasa periklanan seperti Google AdSense, Text Link Ads, dan lain-lain. Pasang kode penempatan iklannya di web dan setiap iklan yg diklik oleh pengunjung anda mendapatkan uang.

Mudah-mudahan informasi ini cukup memberi gambaran singkat mengenai bisnis lewat media online.

Bagi anda yang ingin tahu lebih mendalam cara kerja bisnis online atau system kerja silahkan pelajari Info Bisnis Online disini. Terdapat panduan menggunakan tool-tool yang  dirancang sedemikian rupa agar biaya produksinya murah bahkan gratis.