Home » Construction Materials » Aspal Sampah Plastik

Aspal Sampah Plastik

July 30th, 2017 Construction Materials

Aspal PlastikAspal Campur Sampah Plastik. Pemanfaatan limbah plastik sebagai campuran aspal merupakan salah satu solusi bagi permasalahan sampah plastik. Menggunakan plastik untuk membangun jalan adalah metode dengan biaya yang efektif, akan membuat konstruksi jalan menjadi tahan lama dan mencegah terjadinya lubang berulang itu menurut pendapat Rajagopalan Vasudevan.

Rajagopalan Vasudevan adalah seorang ilmuwan kimia asal India, dengan teknologi penemuannya berupaya untuk memecahkan masalah sampah plastik dengan menggunakannya sebagai bahan pembangunan jalan.

Komposisi aspal pada umumnya terdiri dari 90 persen batu, pasir, dan batu kapur sedangkan sisanya adalah bitumen atau ter. Bitumen ini diekstrak dari minyak.

Rajagopalan mencampur limbah plastik yang dipanaskan dengan ter yang juga masih panas. Dia berhasil membangun jalan dengan cara ini pada 2002. Empat tahun kemudian, universitas tempat ia mengajar mendapat hak paten atas temuannya.

Tak ada batasan jenis plastik yang digunakan dalam proses pencampuran. Semua sampah plastik seperti kantong plastik, gelas plastik, botol plastik, hingga berbagai kemasan makanan ringan bisa dimanfaatkan. Untuk membuatnya, campuran agregat dipanaskan pada suhu 165 derajat. Limbah plastik yang sebelumnya dicincang kecil-kecil dicampurkan ke agregat selama 30-60 detik. Kemudian bahan ter atau bitumen dipanaskan pada suhu 160 derajat celcius untuk bisa menghasilkan campuran yang baik.

Awalnya, sebagian besar aspal plastik digunakan untuk jalan-jalan pedesaan. Namun, sebagian jalan di kota besar seperti Chennai dan Mumbai juga telah memanfaatkan bahan baku pembuatan jalan yang sama. Pada 2015, pemerintah India memerintahkan penggunaan aspal plastik pada setiap jalan di India. Kebijakan itu dianggap membantu mengurangi sampah plastik yang menjadi persoalan lingkungan di sana.

Hasil penelitian Balitbang PUPR juga mengungkapkan, aspal dengan campuran limbah plastik akan menghasilkan perkerasan struktur berlapis jalan yang lebih kuat, tahan lama, dan lebih murah. Plastik yang digunakan adalah sampah kantung plastik kresek, bukan plastik botol dan sejenisnya.

Kualitas jalan aspal yang buruk dan sampah plastik yang menumpuk menjadi masalah utama yang harus ditangani secara serius dan cermat.

Beberapa negara yang sudah ada inovasi untuk mengelola sampah plastik untuk konstruksi jalan raya.

  1. India

Jalan Jambulingam di Chennai, India dibangun pada 2002. Selama 15 tahun jalan ini belum ada tanda-tanda rusak meski telah diterjang banjir, badai, dan dilewati becak, mobil, hingga truk. Kekuatan Jalan Jambulingam mampu bertahan lama bukan karena mahalnya material yang digunakan. Jalan ini menjadi salah satu jalan pertama di India yang dibangun dengan menggunakan sampah plastik. Hingga ini, lebih dari 33 ribu kilometer ruas jalan di India terbuat dari aspal plastik.

2. Belanda

Di Belanda, inovasi jalan plastik tak hanya menjadikan sampah plastik sebagai campuran, tetapi bahan baku. Sebuah perusahaan bernama Volkerwessels menciptakan inovasi jalan yang seluruhnya dari plastik. Ia memperkenalkan inovasi itu pada 2015.

Jalan dibuat dalam bentuk potongan-potongan yang dapat dilepas jika terjadi kerusakan. Di antara lapisan atas dan bawahnya, ada rongga untuk meletakkan berbagai pipa atau kabel. Ada pula saluran yang akan mengeluarkan air jika terdapat genangan.

3. Canada

Kota Vancouver – Canada telah membuat jalan dengan plastik daur ulang. Pemerintah kota ini bekerja sama dengan Green Mantra of Toronto mengolah plastik bekas dan aspal menjadi campuran paving yang jauh lebih baik terhadap lingkungan dibandingkan aspal tradisional.

daur ulang plastik(Foto : gizmag.com)

4. Indonesia

Ujicoba pemanfaatan pemanfaatan limbah plastik untuk pembangunan jalan raya menggunakan aspal bercampur limbah plastik sepanjang 700 meter berlokasi di Universitas Udayana, Bali (Juli 2017).

aspal limbah plastik

Jika selama ini jalan raya di identikkan dengan aspal, mungkin dimasa yang akan datang kontruksi jalan raya dari limbah plastik dapat diandalkan sebagai bahan pengganti aspal.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Aspal Sampah Plastik





Related Post to Aspal Sampah Plastik

Biopori

May 5, 2015
  Kita sering mendengar istilah biopori atau lubang peresapan. Biopori atau lubang resapan digunakan untuk memperbaiki kondisi lingkungan, mengingat semakin sedikitnya lahan terbuka yang...

Tips Pengecatan Dinding

March 23, 2012
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengecat dengan benar. Pengecatan yang kurang tepat akan mempengaruhi hasil pengecatannya. Berikut ini tips pengecatan dinding adalah sebagai...

Desain Atap Rumah

November 22, 2011
Desain Atap Rumah. Atap rumah merupakan bagian penting pada konstruksi bangunan rumah karena berada diatas untuk menutupi seluruh bagian bangunan rumah itu sendiri. Atap...

Konstruksi Jalan di Tanah Gambut

March 13, 2009
Indonesia memiliki lahan gambut seluas 27.000.000 Ha terpusat di Pulau-pulau Kalimantan, Sumatera dan Irian Jaya. Beberapa daerah Indonesia memiliki lapisan gambut yang sangat dalam....