Home » Construction Materials » Aneka Jenis Cat

Aneka Jenis Cat

March 12th, 2012 Construction Materials

Aneka Jenis CatCat merupakan  bahan pelapis yang dipakai sebagai lapisan yang bisa memberi fungsi keindahan, perlindungan, serta menampilkan fungsi estetika pada permukaan suatu objek. Sebelum Anda mengecat rumah ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Aneka Jenis Cat :

a. Cat Dasar
Cat dasar atau plamir berfungsi untuk menutupi pori-pori dinding. Setelah dinding diplester dan diaci baru kemudian ditutup dengan cat dasar sebelum dicat.

Kebutuhan cat dasar atau plamir untuk dinding suatu ruangan tergantung dari luas ruangan yang akan dicat. Pada pengaplikasian di lapangan biasanya untuk 1 kg cat dasar atau plamir dapat menutupi bidang dinding seluas 4 – 6 m².

b. Cat Finishing
Cat finishing ini dikerjakan setelah pekerjaan cat dasar selesai.  Jenis cat ini ada tiga kategori, yaitu :

  1. Cat interior adalah jenis cat yang digunakan di dalam ruangan atau bagian dalam ruangan.
  2. Cat eksterior adalah jenis cat yang digunakan pada bagian luar ruangan. Jenis cat ini lain dengan cat interior karena letak pengunaanya yang terletak di luar ruangan sehingga factor ketahanan terhadap cuaca lebih besar dibanding dengan cat untuk interior.
  3. Cat dekoratif adalah cat yang digunakan untuk menonjolkan kesan keindahan dan biasanya digunakan pada dinding atau ruangan sebagai elemen dekoratif. Cat dekoratif dapat digunakan di dalam ruangan maupun luar ruangan.

Beberapa jenis cat berdasarkan fungsi dan pengaplikasiannya:

1. Cat Minyak
Cat minyak ada yang digunakan untuk cat kayu dan cat besi. Cat jenis ini tersedia untuk interior dan eksterior. Biasanya diaplikasikan dengan mengunakan kuas.

2. Pelitur
Dipakai untuk cat eksterior yang tidak langsung kena sinar matahari, penggunaan pelitur untuk menampilkan keaslian kayu supaya serat tetap dapat terlihat karena pelitur ini bersifat transparan. Dapat diaplikasikan dengan kuas maupun disemprot.

3. Melamik (Melamic)
Biasanya digunakan untuk pengecan kayu untuk menampilkan keindahan serat kayu, membentuk lapisan cat yang halus, rata, dan tahan goresan dan menghasilkan kilap yang tinggi. Cat ini cocok dipergunakan untuk pengecatan kayu interior diaplikasikan dengan cara disemprot.

4. Poly uretan (Polyurethane)
Jenis cat ini transparan yang menghasilkan keindahan serat kayu dengan permukaan halus dan tahan gores. Poly uretan lebih fleksibel dibanding melamik sehingga tidak mudah rusak dan retak. Cocok untuk interior dan eksterior, dalam pengaplikasiannya biasanya dengan cara disemprotkan.

5. Cat Duco
Cat jenis ini sering disebut sebagai cat dempul. Cat ini digunakan sebagai cat dasar penutup permukaan kayu atau besi sehingga menghasilkan permukaan yang lebih rapat dan lebih halus. Biasanya digunakan untuk interior dan diaplikasikan dengan teknik semprot.

6. Cat Epoxy
Jenis cat ini dipakai sebagai cat dasar yang mempunyai daya ikat yang kuat sehingga sering  dipergunakan sebagai penutup permukaan sebelum dilakukan pengecatan. Jenis epoxy ini dapat dijumpai dalam bentuk seperti lem epoxy, dempul epoxy, dan epoxy injection. Dipergunakan untuk besi dan beton.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for Aneka Jenis Cat





Related Post to Aneka Jenis Cat

Apa Itu Baja Ringan?

June 17, 2011
Baja ringan adalah baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional.  Ada bebarapa macam baja ringan...

Software Pengecek English Grammar

December 11, 2010
Apabila ada yang mengalami masalah dengan English Grammar atau kesulitan dalam menulis dalam bahasa inggris yang baik dan benar. Ada software yang dapat membantu...

Metode Prapembebanan Untuk Konstruksi Jalan Di Atas Gambut

May 11, 2009
Prapembebanan (preloading) adalah suatu metode konstruksi perbaikan tanah berupa pemempatan timbunan pada lokasi yang akan distabilisasi dengan berat sekurang-kurangnya sama dengan berat struktur di...

Konstruksi Jalan di Tanah Gambut

March 13, 2009
Indonesia memiliki lahan gambut seluas 27.000.000 Ha terpusat di Pulau-pulau Kalimantan, Sumatera dan Irian Jaya. Beberapa daerah Indonesia memiliki lapisan gambut yang sangat dalam....