Home » Manual Book » Marketing » 5 Faktor Memilih Lokasi Usaha

5 Faktor Memilih Lokasi Usaha

November 30th, 2012 Manual Book, Marketing

Lokasi usaha yang tepat dan strategis memang menentukan kelangsungan usaha. Oleh sebab itu pemilihan lokasi usaha masuk dalam daftar perencanaan yang sangat penting. Berikut faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih lokasi usaha.

1.   Jumlah Penduduk

Kepadatan penduduk menjadi salah satu tolok ukur besarnya potensi usaha yang anda bangun, karena mereka itulah nantinya yang akan membeli produk atau memakai jasa yang anda sediakan. Apabila usaha anda termasuk dalam lingkup usaha kecil, anda bisa mengukur dengan wilayah yang lebih kecil. Sebaliknya jika usaha lebih besar, maka radius yang perlu anda lihat pun lebih luas lagi.

2.   Pendapatan

Setelah mengetahui jumlah penduduk, anda juga harus mengukur penghasilan mereka. Mereka sebagai targer pasar harus memiliki daya beli yang cukup untuk membeli produk anda, karena akan sia-sia jika lingkungan sekitar nggak tertarik dengan usaha anda hanya karena mereka nggak mampu membeli produk atau jasa yang anda sediakan.

3.   Tempat

Ada beberapa tipe tempat yang bisa dipilih untuk usaha anda seperti perumahan, mall, sentra usaha, pinggir jalan dan sebagainya. Yang perlu anda cermati apakah usaha anda cocok dengan karakter tempat tersebut.

4.   Kepadatan Lalu Lintas

Pembeli potensial tidak hanya berasal dari lingkungan sekitar. Pembeli tambahan biasanya datang dari orang yang lalu lalang di depan lokasi usaha anda.

5.   Persaingan

Riset yang perlu dilakukan lagi adalah melihat seberapa banyak pemain sejenis. Seberapa besar tingkat persaingannya. Jika, anda yakin dengan strategi dan produk yang anda miliki mampu mengungguli kompetitor anda, tentunya nggak akan menjadi masalah.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for 5 Faktor Memilih Lokasi Usaha





Tags » ,

Related Post to 5 Faktor Memilih Lokasi Usaha

Perhitungan harga satuan pekerjaan plesteran

July 1, 2010
Standar Perhitungan harga satuan pekerjaan plesteran ini merupakan hasil revisi SNI 03-2837-2002, Analisis Biaya Konstruksi (ABK) Bangunan gedung dan Perumahan Pekerjaan Plesteran, dengan perubahan...

Pedoman Studi Kelayakan Proyek Jalan dan Jembatan

March 30, 2009
Maksud dan tujuan pedoman studi kelayakan proyek jalan dan jembatan ini adalah untuk mengatur tindak lanjut dan menganalisis secara lebih rinci alinyemen pada koridor...

Menghitung Harga Satuan Untuk Rencana Biaya Pembangunan Gedung

June 27, 2010
Analisa biaya dalam penyusunan Rencana Anggaran Biaya Pembangunan Gedung selama ini banyak menggunakan Analisa BOW (Burgeslijke Openbare Werken) yang merupakan buku panduan produk zaman...

Harga Satuan Dalam Proyek

October 13, 2013
Apabila ingin membangun rumah, kita pasti ingin membuat RAB atau Rencana Anggaran Biaya. Dalam rencana anggaran biaya tersebut, dicantumkan berbagai estimasi biaya yang akan...